Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tahun Baru, Lembaran Baru
Ayutia Nurita Sari
Senin, 02 Januari 2023   |   99 kali

Manado - Senin (02/01/23) pada kegiatan Galang Semangat Pagi, Tim Bidang Piutang Negara mengajak para pegawai di Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) untuk menyambut Tahun 2023 dengan lembaran baru.

Zilly Julieta Rusnaidi, Pelaksana Bidang Piutang Negara menyampaikan bahwa tahun baru adalah hari permulaan tahun dimana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya.

“Tradisi perayaan tahun baru di Indonesia sendiri biasanya dilakukan bersama keluarga dan kerabat dekat. Tak jauh berbeda dengan negara lain, Indonesia juga memiliki cara unik untuk meramaikan acara Tahun Baru,” Kata Zilly.

Zilly mengungkapkan beberapa cara untuk meramaikan perayaan acara tahun baru, diantaranya:

1.      Menunggu detik-detik pergantian tahun sambil makan-makan, bermain games, atau menonton film dengan keluarga;

2.      BBQ atau makan bersama dan diramaikan dengan meniupkan terompet;

3.      Menerbangkan lentera ke langit seperti yang biasa dilakukan di Borobudur;

4.      Menyaksikan pesta kembang api yang menerangi langit malam;

5.      Konvoi keliling kota yang dilakukan bersama keluarga dan sahabat.

Selain merayakan tahun baru, Zilly juga menyampaikan bahwa perayaan tahun baru 2023 dapat disambut dengan resolusi di berbagai aspek. Mulai dari kesehatan, karier, hingga percintaan demi pribadi yang lebih baik. Jika resolusi tahun baru belum terwujud di 2022, ini saatnya kita mewujudkannya di 2023 dengan cara:

1.      Tentukan Resolusi secara Spesifik

Banyak orang yang mengawali tahun baru dengan resolusi namun berujung gagal. Salah satu alasannya adalah resolusi yang terlalu muluk dan tidak terukur. Mulai sekarang, buatlah resolusi yang sekiranya mudah dicapai. Baik secara jangka pendek maupun jangka panjang.

2.      Susun Rencana untuk Menggapainya

Jangan lupa untuk membuat rencana bagaimana kita akan menggapai resolusinya. Buat rencana yang spesifik dan detail, seperti membuat target dari hal kecil hingga besar. Dengan rencana yang jelas, kita dapat melakukannya secara konsisten sehingga akan semakin dekat dengan tujuan kita.

3.      Berikan Penghargaan untuk Diri Sendiri

Meski sudah membuat rencana, terkadang ada saja halangan atau godaan yang membuat kita terhalang mencapai resolusi. Namun, ketika kita berhasil melewati tantangan tersebut, berikan penghargaan untuk diri sendiri. Ini sebagai bentuk menghargai usaha yang sudah kita lakukan. Bisa denga spa, staycation atau melakukan apapun yang kita senangi selama seharian penuh.

4.      Lakukan Evaluasi

Dengan secara rutin mengevaluasi diri, kita dapat menilai dan melihat mana hal-hal yang efektif, harus ditingkatkan, dan juga menghambat untuk mencapai resolusi. Salah satu cara yang paling efektif adalah membandingkan perubahan dirimu di periode sebelumnya dan di masa kini.

“Berikan pertanyaan-pertanyaan ini untuk diri kalian sendiri untuk membuka lembaran baru,seperti apakah kamu pernah beterima kasih kepada dirimu sendiri? Pernahkan kamu meminta maaf dan memaafkan dirimu sendiri? Apa kelebihan dirimu? Apaka kekuranganmu? Bagaimana kamu menghadapi dirimu untuk tetap bisa enjoy dalam hal apapun?,” kata Zilly.

Guna meningkatkan semangat para pegawai, dalam Galang Semangat Pagi juga dilakukan yel-yel semangat pagi bersama, menyanyikan lagu mars Kementerian Keuangan, serta pembacaan Budaya Kerja, Nilai-Nilai, dan Perilaku Utama Kementerian Keuangan. (ayu)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini