Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Jantung Tetap Sehat Meski Kerja Seharian
Ayutia Nurita Sari
Senin, 26 September 2022   |   401 kali

Manado - Senin (26/09/22) pada kegiatan Galang Semangat Pagi, Tim Bagian Umum  mengajak para pegawai di Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) untuk menjaga Kesehatan jantung di tengah-tengah kesibukan bekerja.

Ivkrama Sandya Yudha, Pelaksana Subbagian SDM menyampaikan bahwa kita harus rutin mengonsumi makanan yang baik untuk kesehatan jantung.

“Jantung kita memerlukan makanan yang sehat agar dapat bekerja normal. Makanan ini terutama yang rendah kolesterol, lemak, dan garam,” kata Sandya.

“Ketimbang mengonsumsi camilan gorengan dan makanan cepat saji di kantor, lebih baik makan buah dan sayuran atau makanan yang direbus atau dikukus. Jika makan berat, pastikan dalam satu piring sajian terdiri atas gizi yang seimbang dan terapkan pola makan teratur setiap hari,” tuturnya.

Sandya mengungkapkan keaktifan bergerak adalah hal wajib untuk kesehatan jantung. Di sela duduk dan bekerja di kantor, luangkan waktu untuk berdiri dan berjalan-jalan setidaknya selama 5 menit tiap 1 jam. Lebih baik gunakan pula tangga untuk naik-turun ketimbang lift.

“Kemudian sehabis pekerjaan selesai, badan mungkin terasa lelah. Namun, jika masih memungkinkan, berolahragalah setelah bekerja. Olahraga yang ringan saja,” ujar Sandya.

“Hal penting lainnya adalah mengelola stress dan mengontrol emosi. Tekanan dalam kerja berpotensi meningkatkan stres dan emosi. Ujungnya, kerja jantung menjadi lebih keras/cepat dalam memompa darah ke seluruh tubuh sehingga berisiko mengalami kerusakan,” imbuhnya.

Selanjutnya Sandya mengatakan bahwa rokok adalah musuh utama jantung. Kandungannnya yang beracun bisa merusak jantung dalam jangka waktu tertentu. Bahkan perokok pasif juga berisiko mengalami penyakit jantung karena paparan asap yang mengandung nikotin dan lain-lain.

“Perlu diingat bahwa walau banyak beristirahat, jangan lupa bahwa tubuh juga butuh istirahat. Pastikan istirahat yang cukup di sela bekerja. Selain itu, tidurlah sesuai dengan kebutuhan. Bila memungkinkan, tidur 8 jam sehari karena itulah yang disarankan demi kesehatan tubuh,” kata Sandya.

Selanjutnya Sandya turut memaparkan manfaat untuk melakukan check-up jantung secara rutin, diantaranya:

1.    Pertambahan usia menuntut kita lebih awas terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Demi menjaga jantung tetap sehat, dapat melakukan pemeriksaan kesehatan alias check-up jantung sejak dini, terutama dianjurkan bagi orang yang memiliki faktor risiko.

2.    Lebih baik mengetahui risiko itu sedari dini sehingga bisa menanganinya sejak awal daripada penyakit sudah telanjur masuk ke tingkat yang lebih parah.

Pada kesempatan tersebut, tim Bagian Umum juga mengajak para pegawai untuk mempelajari gerakan senam sehat yang bisa dilakukan disela-sela waktu istirahat bekerja.

Guna meningkatkan semangat para pegawai, dalam Galang Semangat Pagi juga dilakukan yel-yel semangat pagi bersama, menyanyikan lagu mars Kemenkeu, serta pembacaan Budaya Kerja, Nilai-Nilai, dan Perilaku Utama Kementerian Keuangan. (ayu)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini