Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tingkatkan Produktivitas Dengan Tidur Berkualitas
Ayutia Nurita Sari
Senin, 07 Maret 2022   |   6547 kali

Manado – Senin (07/03/22) pada kegiatan Galang Semangat Pagi, Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi mengajak para pegawai di Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) untuk mulai meningkatkan kualitas tidur sebagai salah satu faktor produktivitas kerja.

“Mungkin tidur berkualitas ini tanggapannya bisa berbeda-beda untuk setiap orang, ada yang sudah menerapkannya, ada yang belum bisa, bahkan ada yang belum tau seperti apa tidur yang berkualitas itu,” kata Pelaksana Seksi Informasi, Ayutia Nurita Sari saat membawakan materi.

“Sebenarnya memiliki tidur yang berkualitas itu memiliki peran penting pada kesehatan dan produktivitas kita. Kita bisa menentukan bahwa tidur kita berkualitas dengan 3 elemen yaitu durasi, kontinuitas, dan kedalaman,” ujar Ayutia.

Dijelaskan bahwa bagi orang dewasa normalnya membutuhkan waktu tidur 7-8 jam per hari untuk mendapatkan waktu istirahat yang maksimal. Tidur bisa dibilang berkualitas apabila pada rentang waktu tidur itu tidak terganggung sampai saatnya bangun.

“Kedalaman/deep sleep adalah kondisi fase tubuh dimana kondisi tubuh dan otak mulai menurun dan beristirahat dengan sepenuhnya. Sehingga menyebabkan munculnya perasaan lega, rileks, dan segar saat bangun tidur,” kata Ayutia.

Beberapa penyebab sulitnya mendapatkan tidur yang berkualitas diantaranya:

1.    Stres yang membuat cemas dan gelisah sehingga tidur menjadi tidak nyenyak

2.    Faktor usia, yang mana biasanya orang memasuki usia lanjut memiliki kecenderungan untuk sulit tidur nyenyak

3.    Efek zat kimia seperti mengonsumsi minuman beralkohol dan berkafein serta kebiasaan merokok

4.    Irama tidur yang berubah bisa karena olah raga, tidur siang, atau paparan cahaya dari gadget

5.    Kondisi medis tertentu, seperti penyakit asam lambung, asma, nyeri kronis, hingga mental health issues.

Cara memaksimalkan kualitas tidur adalah:

1.   Batasi waktu tidur siang. Tidur siang memang baik bagi kesehatan tapi jangan terlalu lama, maksimal 20 menit sehari

2.   Hindari olah raga berat sebelum tidur. Misal sebelum tidur bisa digantikan dengan kegiatan relaksasi, seperti membaca buku, mendengarkan musik, atan berendam air panas

3.   Hindari makan berat menjelang waktu tidur karena akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras di malam hari

4.   Hindari mengonsumsi kopi/merokok sebelum tidur

5.   Hindari penggunaan gadget sebelum tidur dan hindari bekerja di tempat tidur agar pikiran menjadi lebih rileks

“Dengan menerapkan tidur yang berkualitas, manfaat yang diperoleh juga banyak seperti meningkatkan kualitas hidup, membentuk tubuh yang lebih ideal, membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh, meningkatkan produktivitas, menjaga fokus, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta memperpanjang ingatan,” tambahnya.

Guna meningkatkan semangat para pegawai, dalam Galang Semangat Pagi juga dilakukan yel-yel semangat pagi bersama, menyanyikan lagu mars DJKN, pembacaan Budaya Kerja, Nilai-Nilai, dan Perilaku Utama Kementerian Keuangan, serta diselingi dengan kuis Serba Serbi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi pada Kanwil DJKN Suluttenggomalut. (ayu/wdp)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini