Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Belajar dari Filosofi Kopi, Tingkatkan Semangat dalam Bekerja
Ayutia Nurita Sari
Senin, 20 Desember 2021   |   1201 kali

Manado – “Kita adalah insan yang memiliki kualitas dan kapabilitasnya sendiri untuk melakukan hal yang ingin dicapai. Jika ingin mendapatkan hal yang terbaik mari kerahkan kemampuan secara maksimal dengan bermentalkan baja,” kata Pegawai Bidang Penilaian Athika Meliana Dewi saat memberikan motivasi from a cup of coffee.

“Untuk mendapatkan secangkir kopi yang nikmat, biji kopi itu melewati berbagai proses hingga menjadi bubuk kopi yang berkualitas. Dari proses tersebut dapat dianalogikan kalau kita ingin mencapai suatu tujuan maka kita perlu melalui prosesnya juga,” jelas Athika.

Athika menyampaikan bahwa dalam suatu proses mencapai tujuan pasti kita akan dihadapkan dengan situasi yang baik maupun kurang baik. Ia mengatakan bahwa proses yang baik dapat kita nikmati dan yang belum baik dapat dijadikan pelajaran bahwa hal tersebut merupakan bagian dari proses yang harus dilewati sampai menghasilkan sesuatu yang baik.

“Rasa pahit atau manis pada kopi ibarat getir dan indahnya kehidupan. Jika disyukuri, perpaduan rasa keduanya malah terasa nikmat. Apabila kita dihadapkan dengan proses yang kurang baik maka tanamkanlah bahwa itu adalah sebuah kebaikan yang tertunda,” ujarnya.

Sesi pemberian Motivation from a cup of coffee tersebut menjadi acara inti pada kegiatan Galang Semangat Pagi dengan tema Filosofi Kopi yang dibawakan oleh Bidang Penilaian pada Senin (20/12).

Selain pemberian motivasi, konsisten dengan tema Filosofi Kopi, Bidang Penilaian juga memberikan kuis bagi para pegawai mengenai sejarah kopi. Hal tersebut merupakan bentuk implementasi salah satu budaya kerja Kementerian Keuangan yaitu satu informasi setiap hari.

“Kopi tubruk itu lugu, kopi yang sederhana. Tapi kalau kita mengenal dia lebih dalam, dia akan sangat memikat. Quote of The Day dari Filosofi Kopi oleh Dee Lestari. (ayu/wdp)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini