Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia, Tetap Sakral dengan Upacara Virtual
Bintang Adita Putri
Senin, 17 Agustus 2020   |   300 kali

Manado (Senin, 17/8/2020) - 17 Agustus merupakan hari yang sakral bagi penduduk Indonesia karena merupakan hari kemerdekaan Indonesia lantaran pada tahun 1945, Indonesia berhasil memproklamasikan kemerdekaannya dari jajahan bangsa asing.

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan momen tersebut dirayakan di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Sebagian besar pegawai Kanwil DJKN Suluttenggomalut pun mengikuti peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di tempat tinggal masing-masing dengan mengikuti siara live upacara virtual pada berbagai kanal media massa. Hal tersebut sesuai dengan Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia yang dikeluarkan oleh Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia, bahwa penyelenggaraan upacara dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, sangat minimalis dan mematuhi protokol kesehatan dan dapat diikuti secara virtual.

Salah satu pegawai yaitu Kepala Seksi Informasi Wahyu Dwi Prasetya yang telah mengikuti upacara daring mengatakan bahwa kita sebagai masyarakat Indonesia harus tetap menumbuhkan semangat juang meski hanya di rumah saja.

“Meski tidak mengikuti upacara di lapangan, namun upacara di rumah saja, kita sudah berperan secara nyata untuk membantu negara ini berjuang dan kembali bangkit memutus rantai penyebaran Covid-19 (corona virus disease 2019-red)”, ujarnya.

Sebagaimana diketahui bahwa sesuai arahan pemerintah, pada tanggal 17 Agustus 2020 selama 3 menit dari pukul 10.17 s.d. 10.20 WIB, pemerintah telah mengimbau masyarakat Indonesia untuk menghentikan sejenak aktivitasnya dan berdiri tegap mengambil sikap sempurna saat dikumandangkan lagu Indonesia Raya secara serentak sebagai bentuk penghormatan menjelang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan. Selain itu, perayaan Hari Kemerdekaan berupa lomba-lomba seperti tahun sebelumnya juga ditiadakan.

 

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini