Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara > Berita
Optimalkan Manajemen Aset di Provinsi Sulawesi Utara, DPD RI Provinsi Sulawesi Utara Mengunjungi Kanwil DJKN Suluttenggomalut
Debora Nurhary Grecia Marpaung
Senin, 17 Juli 2023   |   84 kali

“Salah satu kunci dari keberhasilan pengelolaan ekonomi daerah adalah manajemen aset. Pentingnya manajemen aset secara tepat dan berdaya guna dengan didasari prinsip pengelolaan yang efisien dan efektif diharapkan akan memberikan kekuatan terhadap kemampuan pemerintah dalam membiayai pembangunan daerahnya khususnya Pendapatan Asli Daerah (PAD).” - Maya Rumantir, Anggota DPD RI Provinsi Sulawesi Utara.

Manado - Senin (17/07) bertempat di lantai 1 Gedung Keuangan Negara Manado telah dilaksanakan kegiatan kunjungan kerja oleh anggota DPD RI Provinsi Sulawesi Utara, Maya Rumantir yang dihadiri oleh pegawai dan pejabat dari Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) serta Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara.

Adapun maksud dan tujuan dari kunjungan kerja ini adalah sebagai bentuk dari pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 tahun 2004 tentang perbendaharaan negara dengan fokus pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD). Selain itu, kunjungan kerja ini juga dilaksanakan untuk mendapatkan informasi dan aspirasi dari masyarakat dan stakeholder terkait mengenai pelaksanaan atas UU No. 1 Tahun 2004 tentang perbendaharaan negara khususnya pengelolaan BMD.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Nikodemus Sigit Rahardjo dan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara, Ratih Hapsari Kusumawardani memaparkan hal-hal yang berkaitan dengan perekonomian di Provinsi Sulawesi Utara, pengelolaan aset di Provinsi Sulawesi Utara, serta Upaya pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terutama dalam hal mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

“Perekonomian di Sulawesi Utara ditunjang dengan adanya Proyek Strategis Nasional (PSN) yang memberikan peranan yang sangat penting untuk memacu pertumbuhan ekonomi baik di tingkat nasional maupun daerah, serta mengurangi pengangguran, mengentaskan kemiskinan dan tentunya meningkatkan kesejahteraan rakyat.” Ungkap Nikodemus.

Selain itu, kunjungan kerja tersebut dilaksanakan untuk mendapatkan informasi mengenai kendala dan  permasalahan yang dihadapi oleh pemda dan kaitannya dgn pengelolaan asset yang dimiliki daerah serta untuk mendapatkan masukan dan pandangan dari masyarakat, pemda, dan stakeholder lainnya mengenai RUU tentang pengelolaan asset daerah yang sedang diusulkan untuk dibahas pada rapat Komite IV tahun 2024 mendatang.

“Optimalisasi pemanfaatan aset melalui pengelolaan aset yang benar dan tepat, jauh lebih kecil resikonya daripada meningkatkan pajak dan retribusi.” Tutur Maya.

“Aset daerah merupakan sumber daya penting bagi pemerintah daerah yang berperan sebagai salah satu penopang utama PAD dan mendukung pembangunan daerah.” tambahnya.

Pada akhir kegiatan, seluruh pegawai dan pejabat yang menghadiri kunjungan kerja tersebut mengabadikan momen dengan berfoto bersama. Kegiatan ini diharapkan kelak dapat mewujudkan pengelolaan aset yang lebih efektif dan efisien di Provinsi Sulawesi Utara. (debora)

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara Manado Lantai 5. Jalan Bethesda Nomor 6-8, Kelurahan Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Kode Pos 95114
(0431) 851522
(0431) 853128
kanwildjkn.manado@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini