Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Rumah UMi, Wujud Kehadiran Pemerintah kepada Pelaku UMKM di Kota Ternate
Ayutia Nurita Sari
Selasa, 20 Oktober 2020   |   519 kali

Ternate, Selasa (20/10) – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (DJKN Suluttenggomalut) Aloysius Yanis Dhaniarto bersama Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman memimpin acara groundbreaking ceremony pembangunan Rumah Ultra Mikro (UMi) Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Investasi Pemerintah dan Kementerian Keuangan Perwakilan Maluku Utara. Turut hadir dalam acara ini Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ternate M. Arif Setyawantika, perwakilan Unit Eselon I Kementerian Keuangan lainnya dan tamu undangan.

 

Rumah UMi akan dibangun diatas tanah BMN idle yang terletak di sebelah KPKNL Ternate. Rumah UMi merupakan wujud kehadiran Pemerintah dalam bentuk Optimalisasi Utilisasi Penggunaan BMN dari Kementerian/Lembaga yang didedikasikan untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) guna menguatkan perekonomian nasional dalam upaya mendukung program cipta kerja dan percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional. Rumah UMi dibangun untuk memberikan fasilitas gratis dalam bentuk bimbingan dan aktivitas operasional pengembangan usaha.

 

“Rumah UMi merupakan langkah nyata dari penggunaan dan pengelolaan BMN dalam upaya memberikan nilai tambah pada lingkungan sosial dan ekonomi yang dapat memberikan dampak positif bagi penyelamatan UMKM,” ujar Arif saat membuka acara.

 

Dalam kesempatan ini, Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut menyampaikan bahwa optimalisasi BMN ini merupakan hasil sinergi dari Unit Eselon I di Kementerian Keuangan, Badan Layanan Umum, Pemerintah Kota Ternate, dan BUMN dalam memulihkan dan membangkitkan perekonomian.

 

“Diharapkan dengan adanya Program Rumah UMi ini dapat membantu Pemerintah Kota Ternate dalam memulihkan kondisi perekonomian di Kota Ternate dan Maluku Utara serta manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar,” tutur Yanis.

 

Wali Kota Ternate mengapresiasi dan mendukung Program Rumah UMi serta mengajak seluruh pihak yang terlibat untuk bersama-bersama mengelola Program Rumah UMi demi menciptakan manfaat yang besar serta melahirkan pengusaha-pengusaha sukses di Kota Ternate dan Maluku Utara.

 

“Melalui Program ini, para pelaku usaha akan dibekali dengan pengetahuan terkait pengembangan usaha sehingga para pelaku usaha bisa mandiri dan percaya diri dalam menciptakan lapangan pekerjaan,” ungkap Burhan.

 

Acara diakhiri dengan peletakan batu yang menandakan bahwa Rumah UMi resmi dibangun serta menunjukkan bentuk komitmen dan kerjasama pihak-pihak yang mendukung jalannya Program Rumah UMi. (ayu/wdp)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini