Manado – Kantor Wilayah
DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Kanwil DJKN
Suluttenggomalut) kembali mengadakan kegiatan “Jum’at Belajar” bertempat di
Ruang Rapat Kanwil DJKN Suluttenggomalut pada Jum’at (13/9/2019). Kegiatan
tersebut merupakan forum untuk melakukan sharing
knowledge terkait tugas pokok dan fungsi (tusi) masing-masing unit kerja
bagian atau bidang di Kanwil DJKN Suluttenggomalut serta menyebarkan informasi, current
issue maupun hal lain yang dapat membangun iklim kondusif di lingkungan
kerja.
Melihat beragamnya tusi DJKN,
begitu pula dengan tusi Kanwil DJKN dalam bidang pengelolaan kekayaan negara,
piutang negara dan lelang ditambah dengan supporting
unit, maka diperlukan sarana edukasi dan sharing antar pegawai pada bagian atau bidang demi tercapainya
target kinerja serta terimplementasikannya Nilai-Nilai Kementerian Keuangan
dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari.
Kepala Bidang Kepatuhan
Internal, Hukum dan Informasi (KIHI), Anggun Prihatmono menyampaikan betapa
pentingnya kegiatan rutin ini dilakukan. ”Kegiatan ini sangat berguna sebagai
ajang untuk meningkatkan kapasitas pegawai dalam menjalankan tugas dan fungsi
instansi”, jelas Anggun. “Tugas dan kewajiban sudah ditetapkan sesuai bagian
atau bidang. Oleh karenanya, pegawai harus
memahami tusi masing-masing untuk dapat bekerja memenuhi kewajibannya dengan
efektif”, imbuhnya.
Lebih
lanjut, Anggun juga menekankan beberapa hal seperti penerapan kode etik dan
kode perilaku. “Saya harap seluruh pegawai dapat menerapkan kode etik maupun
kode perilaku untuk mencegah pelanggaran disiplin dan menjaga martabat
serta kehormatan ASN di lingkungan Kementerian Keuangan, khususnya Kanwil
DJKN Suluttenggomalut”, tegas Anggun.
Dalam
kesempatan ini juga disampaikan imbauan penerapan aplikasi persuratan SMART dan
peningkatan layanan publik. Sesuai dengan
arahan Menteri Keuangan dalam rangka penguatan Transformasi Kelembagaan dan
Reformasi Birokrasi, diharapkan para pejabat maupun pegawai dapat menjaga peningkatan
kualitas pelayanan, serta meningkatkan pemahaman terkait tugas dan fungsi
kantor terutama terkait pelayanan dengan memperhatikan Standard Operating Procedure (SOP) yang telah ditetapkan.
Mengakhiri
kegiatan, Anggun berpesan pada seluruh pegawai agar selalu senantiasa
meningkatkan kedisplinan, tanggung jawab, etos kerja dan menjunjung tinggi
integritas. (bap/wdp)