Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Simbol Daur Ulang dan Jenis Plastik yang Wajib Anda Ketahui
Ayutia Nurita Sari
Kamis, 10 November 2022   |   64385 kali

Plastik merupakan salah satu benda yang umum digunakan dalam kehidupan sehari sebagai botol kemasan, pembungkus/packaging makanan, kerajinan, peralatan kebutuhan rumah tangga, peralatan otomotif, wadah penyimpanan, dan berbagai kegunaan lainnya.

Namun dibalik segudang manfaatnya, plastik juga memiliki dampak negatif, seperti menghambat intensitas udara yang diterima oleh hewan yang habitatnya di dalam tanah dan mengancam keseimbangan ekosistem sungai dan laut apabila dibuang secara sembarangan.

Guna mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan akibat penggunakan plastik yang berlebihan, proses daur ulang (recycling) merupakan salah satu solusi yang sederhana dan dapat diterapkan oleh setiap orang.

Recycling adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang beguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru.

Namun sebelum melakukan recycling tentunya terlebih dahulu kita perlu mengenali simbol-simbol daur ulang. Simbol tersebut biasanya berbentuk segitiga dengan angka di dalamnya dan terletak di bagian bawah kemasan plastik. Ternyata simbol itu sangat penting untuk mengenali keamanan dan apakah jenis plastik tersebut dapat didaur ulang atau tidak. Yuk simak bersama jenis-jenisnya!

Beberapa simbol daur ulang yang perlu kita ketahui:

1.      PETE (1)

Jenis plastik ini hanya bisa digunakan sekali pakai. Tidak disarankan untuk menggunakan berulang kali, terutama mengisinya dengan air hangat karena lapisan polimer dan zat karsinogenik pada plastik dapat larut (lepas) dan menyebabkan kanker pada organ tubuh manusia.

2.      HDPE (2)

Simbol ini digunakan untuk sebuah plastic yang terbuat dari high desity polyethylene yang biasanya digunakan untuk gallon air minum, botol shampo, dan plastik kemasan tebal lainnya. Jenis plastik ini termasuk golongan plastik yang cukup aman digunakan berulang kali karena paling sering didaur ulang dengan nilai ekonomi dan proses daur ulang yand sederhana.

3.      PVC (3)

Barang-barang plastik yang terbuat dari plastik polyvinyl chloride ini sering juga disebut dengan “plastik beracun” karena mengandung berbagai macam bahan kimia beracun yang dapat larut dan berbahaya bagi kesehatan. Sehingga perlu dihindari menggunakan jenis plastik ini untuk kemasan makanan dan minuman.

4.      LDPE (4)

Jenis plastik ini terbuat dari bahan low density polyethylene yang bersifat elastis, memiliki daya tahan yang lama dan dapat digunakan untuk berulang kali. Biasanya terdapat pada kantong plastik (kresek), kantong plastik sampah, tas belanja, hingga bungkus makanan.

5.      PP (5)

Simbol ini digunakan untuk plastik yang terbuat dari polypropylene. Barang plastik dengan simbol ini baik digunakan sebagai tempat makanan maupun minuman karena terbuat dari polypropylene yang sangat kuat dan cukup aman digunakan meski pada suhu yang panas.

6.      PS (6)

Plastik jenis ini terbuat dari polystyrene yang banyak digunakan sebagai tempat makan syrofoam, tempat telur, sendok/garpu plastik, foam packaging hingga bahan bangunan (bahan flooring). Plastik ini dapat mengeluarkan styrene yang merupakan zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker.

7.      Other (7)

Penggunaan jenis plastik ini untuk makanan atau minuman sangat berbahaya karena bisa menghasilkan racun Bisphenol-A (BPA) yang bisa menimbulkan kerusakan pada beberapa organ dan menggangu hormone tubuh. Simbol ini biasanya digunakan pada plastic untuk botol minum bayi, botol minum olahraga, smartphone cases, dan compact disk.  

Itu adalah simbol dan jenis plastik yang perlu diketahui sebelum menggunakannya. Hati-hati ya saat menggunakan kemasan plastik pada makanan/minuman anda. Yuk bersama-sama memulai untuk mengurangi penggunakan plastik sekali pakai demi bumi dan lingkungan yang lebih sehat.

 

Sumber:

https://zerowaste.id/knowledge/simbol-dan-jenis-plastik/

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini