Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Upacara Bendera Memperingati HUT Kemerdekaan ke-78
Charles Jimmy
Jum'at, 18 Agustus 2023   |   237 kali

Makassar – Seluruh pejabat dan pegawai Kementerian Keuangan Perwakilan Sulawesi Selatan mengikuti upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 pada 17 Agustus 2023 di Lapangan Gedung Keuangan Negara Makassar. Para punggawa Kanwil DJKN Sulseltrabar pun turut hadir dalam upacara bendera dimaksud. Beberapa pegawai juga mengambil bagian sebagai petugas upacara, diantaranya sebagai pembawa acara, pengibar bendera, komandan upacara dan pembaca teks Proklamasi.

Pelaksanaan upacara berjalan khidmat. Mulai dari pengibaran bendera, pembacaan teks Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, dan puncaknya saat pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan. Upacara berlangsung singkat, sama seperti ketika proklamasi pertama kali dikumandangkan pada tahun 1945. Namun, esensinya adalah meraih kemerdekaan dan menyetarakan diri dengan Negara merdeka lainnya.

Tema peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini adalah Terus Melaju untuk Indonesia Maju. Berdasarkan Pedoman Identitas Visual 78 Tahun Kemerdekaan Indonesia yang diterbitkan Kementerian Sekretariat Negara, tema ini dilatarbelakangi dengan pencapaian yang telah diraih menjadikan posisi Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan negara. Ini adalah aksi nyata yang progresif. Jangan biarkan momentum ini berhenti, lanjutkan pembangunan dengan semangat ‘estafet’.

Dirgahayu Republik Indonesia ke-78 pada tahun ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir. Selayaknya olahraga estafet, yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan. Ini adalah energi gerak untuk bangsa Indonesia agar laju momentum ini Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini