Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat
Kilas Peristiwa DJKN

Pesona Bahari Pulau Karampuang Mamuju

Rabu, 30 Desember 2020   |   40 kali

Pulau Karampuang dalam bahasa Indonesia berarti rembulan, nama tersbut berasal dari bahasa Mamuju oleh masyarakat setempat pulau ini juga disebut dengan pulau buaya karena jika dilihat dari atas pulau ini menyerupai bentuk buaya. Pulau yang didominasi dengan batu karang dan semua sisinya dikelilingi Teluk Mamuju ini memiliki luas wilayah 6,37 km2, secara administrasi masuk dalam wilayah Desa Karampuang, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Letak pulau ini berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat kota Mamuju, untuk menuju kawasan obyek wisata ini bisa memulai perjalanan dari dermaga kota Mamuju yang terdapat di area tempat pelelangan ikan Kasawi. Dari dermaga ini pengunjung bisa menyewa perahu mesin yang biasa disebut dengan sebutan katinting, menuju ke Pulau Karampuang dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit dan tarif yang relatif terjangkau. Setibanya di Pulau Karampuang pengunjung akan disambut dengan dermaga kayu dari Pelabuhan Ujung Bulo yang menjorok ke laut sepanjang kurang lebih 500 meter, yang juga merupakan landmark dari Pulau Karampuang. Pemandangan bawah laut Pulau Karampuang sudah terlihat dengan jelas dari dermaga ini.

Daya tarik yang menjadi magnet dari Pulau Karampuang adalah keindahan alam bawah laut, dengan keanekaragaman terumbu karang mulai dari soft coral hingga hard coral. Selain terumbu karang, juga terdapat berbagai spesies ikan warna-warni yang berenang bebas. Untuk pengunjung yang ingin menikmati pemandangan bawah laut, di pulau ini terdapat fasilitas penyewaan alat selam yang juga menyediakan  layanan bimbingan khusus tentang diving dan snorkeling. Pengunjung dapat bersenorkeling di sekitar dermaga dengan kedalaman hanya sekitar dua hingga empat meter sambil memberi makan ikan-ikan, jika beruntung pengunjung dapat menemukan spesies pygmy seahorse yang langka.

Jika ingin menikmati keindahan Pulau Karampuang lebih lama, pengunjung bisa menginap di beberapa pondok penginapan yang terbuat dari anyaman bambu dan pohon pinang sebagai tiangnya. Pondok klasik ini berada di antara pepohonan yang rindang sehingga akan terasa suasana yang alami dan menenangkan. Selain itu terdapat sejumlah gazebo berukuran mini di sekitar dermaga, sangat cocok untuk tempat bersantai sambil menikmati keindahan panorama laut lepas Pulau Karampuang.

Pengunggah : DWIYANI PERMATASARI
Tanggal ditulis : Rabu, 30 Desember 2020
Terakhir diedit : Rabu, 30 Desember 2020
Foto Terkait Kilas Peristiwa
Pengumuman
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumohardjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara II Lt. 4 Makassar - 90232
(0411) 425245
(0411) 425246
kanwildjkn15@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |