Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
"Generasi Muda Peduli APBN" Kemenkeu Goes to Campus Universitas Lampung
Nofitri
Kamis, 08 September 2022   |   192 kali

Bandar Lampung, 7 September 2022 – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam hal ini Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Lampung dan Bengkulu berkolaborasi dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bengkulu dan Lampung mengadakan kegiatan kehumasan dalam rangka edukasi bertajuk “Generasi Muda Peduli APBN” yang bertempat di Student Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.

Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu dalam sambutannya menyampaikan overview postur APBN 2022, pemulihan ekonomi dari pandemi yang masih berlangsung dan diperparah dengan dampak eskalasi geopolitik memicu kenaikan harga komoditas energi dan pangan dunia. Dijelaskan bahwa untuk menjaga perekonomian nasional dan menjaga daya beli masyarakat miskin dan rentan, APBN telah bekerja sebagai shock absorber diantaranya melalui alokasi belanja subsidi dan kompensasi energi. Adapun kebijakan pengalihan subsidi yang diambil oleh pemerintah agar lebih tepat sasaran dan berkeadilan.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat, Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung, Sarwa Edi menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran pajak para mahasiswa terhadap postur APBN, pengelolaan keuangan negara, pemeliharaan Barang Milik Negara, dan program pemulihan ekonomi nasional melalui pajak. Mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan diharapkan mampu menjadi agent of change yang mampu membawa Indonesia Maju.

Pihak Unila yang diwakili Prof. Ir. Suharso, Phd., Warek IV Unila Bidang Perencanaan, Kerjasama, Teknologi, dan Komunikasi menyambut baik kegiatan ini dan berharap kegiatan sejenis lainnya dapat diselenggarakan dan melibatakan peserta yang lebih banyak, diharapkan mahasiswa yang hadir dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dengan memperoleh pengetahuan lebih mendalam terkait APBN dan pengelolaan keuangan negara.

Dalam kesempatan pertama, DJKN menyampaikan tema #UangKita yaitu mengenai APBN beserta komponen yang membentuknya yaitu pendapatan, belanja serta pembiayaan. Kemudian, disampaikan mengenai #UangKitaBuatApa yakni hubungan antara APBN dan Barang Milik Negara (BMN) dimana aset yang diperoleh dengan sumber dari APBN merupakan BMN. Total nilai BMN di Provinsi Lampung adalah Rp86,4 Triliun yang digunakan untuk berbagai fungsi antara lain penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik dan sarana pertumbuhan ekonomi. Universitas Lampung sendiri merupakan satuan kerja dengan nilai BMN terbesar ke-5 di lingkup Provinsi Lampung. Untuk itu, mahasiswa perlu menjaga aset negara khususnya yang berada di lingkungan kampus. 

Kemudian, DJP membawakan tajuk #UangKitaDariMana. Faktanya, 78,72 persen pendapatan negara dalam APBN 2022 dihasilkan dari pajak sehingga dapat dikatakan bahwa pajak adalah tulang punggung negara ini. Pajak juga memiliki banyak fungsi yaitu fungsi anggaran (budgetair), fungsi mengatur (regulerend), fungsi stabilitas dan fungsi redistribusi pendapatan. Namun faktanya, tingkat kepatuhan Wajib Pajak (WP) baik WP Orang Pribadi maupun WP Badan relatif rendah.Oleh karena itu, mahasiswa saat ini adalah calon generasi emas di mana pada tahun 2045 -- diproyeksikan mendominasi sekitar 60 persen dari proyeksi jumlah penduduk pada saat itu (297 juta jiwa). Jika 60 persen generasi emas tersebut membayar pajak, maka APBN kita akan meningkat berlipat-lipat. Pembangunan negara akan melesat, fasilitas yang kita rasakan akan sangat banyak. Pajak Kuat, Indonesia Maju.

Kegiatan yang diikuti lebih dari seratus civitas akademika ini berlangsung dengan penuh antusiasme. Diharapkan, kegiatan ini dapat berdampak positif bagi mahasiswa serta memberi pemahaman yang mendalam khususnya bagaimana APBN bekerja keras menjaga Indonesia untuk mencapai cita-cita bangsa. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini