Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
International Webinar "Enhance The Capacity of Human Resources: Learn, Share and Be Successful"
Hanifah Muslimah
Kamis, 12 Agustus 2021   |   272 kali

Pada Kamis (12/08) Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Lampung dan Bengkulu/ Komunitas English Talent Lamkulu (ETL) mengadakan webinar internasional bertajuk “Enhance The Capacity of Human Resources: Learn, Share and Be Successful.” Webinar ini dihelat dalam rangka merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76. HUT RI ke-76 dianggap tepat sebagai momentum meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia. Kegiatan ini mengundang 6 pembicara yang dianggap mewakili 5 benua dari seluruh dunia.

Kegiatan yang berlangsung secara virtual melalui Zoom Meeting dan diikuti ratusan peserta ini dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Lamkulu, Arik Hariyono. Arik menjelaskan Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang dihuni lebih dari 270 juta jiwa dengan beragam etnis, agama, suku, ras, dan golongan. Dengan jumlah penduduk keempat terbesar di Indonesia, hal tersebut merupakan berkah sekaligus tantangan untuk meningkatkan kapasitas SDM. SDM berkualitas sangat berperan guna menjadikan Indonesia negara maju. Meski masih berada dalam masa pandemi covid-19, tetap perlu dilakukan pengembangan diri. English Talent Lamkulu adalah jembatan untuk meningkatkan potensi SDM, terutama dalam hal kemampuan berbahasa Inggris.

Dalam kesempatan ini, Dedi Syarif Usman (Sesditjen Kekayaan Negara), Maya Solichin (pemerhati bunga) dan Budi Setiawan (Presiden Jember Fashion Carnival) didapuk sebagai keynote speaker. Dedi menekankan bahwa berbagi pengetahuan adalah hal yang tidak terelakkan dalam peningkatan kapasitas SDM. Sementara, Maya mendorong untuk memiliki hobi di luar pekerjaan utama yang utamanya yang selain meningkatkan kemampuan pribadi juga memperluas jejaring pertemanan. Di sisi lain, Iwan berbagi mengenai kiprah JFC sebagai karnaval tingkat internasional dan menyoroti pentingnya pemimpin yang visioner. 

Sementara bertindak sebagai panel speaker adalah Rustanto (Kepala Subbagian Kepegawaian DJKN Kemenkeu) yang menyampaikan Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia di DJKN, Tomomi Sakura Ijuin (Presiden World Kids  Museum, Tokyo, Jepang) yang menyampaikan mengenai empati, Lolita Banni Rahmadian (Karyasiwa program Master pada University of Kansas, Amerika) yang menjelaskan perbedaan antara ekspektasi dan realitas bersekolah di Amerika, Aisyah Adibah Hasmiar (Perwakilan Generasi Z yang saat ini tinggal di Semarang) yang mengajak setiap orang untuk memaksimalkan potensi di kancah global, Aldi Dwiyanti Yurioputra (Karyasiwa program Master pada University of Navarra, Pamplona, Spanyol) yang mempresentasikan “Pahlawan itu adalah Kita” serta Darmawan Dwi Atmoko (Karyasiswa Program Doktor di Queensland University, Brisbane, Australia) yang menyampaikan mengenai “Komunikasi Lintas Batas: Peran Keterampilan Berbahasa Asing.”

Acara yang dimoderatori Ellen Maharani ini berlangsung selama kurang lebih tiga jam dan ditutup dengan sesi tanya jawab. Bagi pembaca yang tidak berkesempatan mengikuti acara secara langsung, dapat mengikuti siarannya di channel Youtube Kanwil DJKN Lamkulu (https://youtu.be/WuQyZg27F4w).

Dengan adanya acara ini, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas SDM terutama dalam hal berbahasa Inggris. English Talent Lamkulu (ETL) yang diinisiasi oleh Arik Hariyono adalah komunitas belajar berbahasa Inggris yang terbuka bagi semua kalangan, baik internal Kementerian Keuangan maupun eksternal.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini