Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Peluncuran Komunitas English Talent Lamkulu (ETL)
Hanifah Muslimah
Kamis, 01 Juli 2021   |   177 kali

Pada Kamis, 1 Juli 2021, Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu Arik Hariyono meresmikan dibentuknya komunitas berbahasa Inggris yang diinisiasi Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu yang dinamakan English Talent Lamkulu (ETL). Gagasan ini bermula dari keinginan Kakanwil untuk meningkatkan kompetensi pegawai yang bermuara pada layanan publik yang lebih baik. Kemudian, gagasan ini dikukuhkan melalui Surat Keputusan Kepala Kanwil DJKN Lamkulu yang berlaku selama 6 (enam) bulan sejak 1 Juli 2021 sampai dengan 31 Desember 2021.

Kakanwil menganggap bahwa kemampuan berbahasa Inggris sangat diperlukan di masa sekarang. Sebagai Aparatur Sipil Negara, kita harus berusaha memenuhi kebutuhan institusi Kementerian Keuangan. Jika suatu saat ada  kesempatan untuk mengikuti forum regional bahkan internasional, pegawai dengan kemampuan berbahasa Inggris yang cukup pasti akan merasa lebih nyaman. Kemampuan berbahasa juga jelas dapat meningkatkan pengetahuan, misalnya dengan mengikuti kegiatan International Economic Association bertema "Equity, Sustainability and Prosperity in a Fractured World" pada tanggal 2-6 Juli 2021 yang dihelat oleh Kementerian Keuangan. Dalam acara ini ada lebih dari 40 sesi dan 100 pembicara, menghadirkan top economist, prominent speaker, termasuk beberapa pemenang Nobel ekonomi (http://www.iea-world.org/)

Komunitas ini merupakan bentuk keresahan Kakanwil yang telah mencoba belajar dengan cara ikut kursus, tetapi merasa belum menguasai bahasa Inggris sepenuhnya. Metode terbaik menurutnya adalah dengan belajar mandiri, membiasakan diri, saling menyemangati –sehingga untuk itu diperlukan komunitas. Kakanwil ingin mengubah paradigma dari “bahasa Inggris adalah hal yang sulit” menjadi “bahasa Inggris adalah perkara mudah.” Menurutnya, tidak ada istilah terlambat dalam mempelajari Bahasa Inggris. Oleh karena itu, dalam ETL yang diasuh oleh Kakanwil, akan dibagi menjadi dua tingkat yaitu tingkat basic dan intermediate.

ETL memiliki banyak tujuan sesuai kebutuhan anggota bukan hanya untuk memenuhi skor TOEFL, tetapi ada juga yang untuk berkomunikasi, untuk mendampingi putra-putrinya belajar dan lainnya. Kakanwil juga menyarankan para pegawai yang memiliki putra-putri usia belia di bawah 20 tahun untuk mengajarkan bahasa Inggris, jika memungkinkan tambah satu bahasa asing lagi, misalnya bahasa Mandarin, bahasa Jerman, bahasa Jepang atau lainnya.

Komunitas ini sifatnya terbuka untuk semua orang, tidak harus pegawai Kemenkeu. Siapapun yang berminat boleh bergabung. Feel free to join us. Tunggu apa lagi, yuk ikut ETL!

(Teks: HM, foto: NS)




Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini