Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bendungan Batutegi Ranah Wisata Alam Provinsi Lampung yang Berpotensi PNBP bagi Negara
Rio Hindersah
Selasa, 18 Agustus 2020   |   1204 kali

Dalam rangka memaksimalkan PNBP di wilayah Lampung, Kanwil DJKN Lamkulu melakukan penggalian potensi utilisasi (pemanfaatan) pada bendungan yang terletak di Pekon Batutegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung atau biasa disebut sebagai Bendungan Batutegi, pada hari Selasa (18 Agustus 2020).

Dengan dipimpin oleh Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Odi Renaldi, dan didampingi oleh Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi, R Zulfi Meidiansyah, penggalian potensi utilisasi BMN ini dilaksanakan dengan meninjau langsung dari segi pemanfaatan air sebagai energi, dan segi pariwisata maupun pendayagunaan alam sekitar air yang dapat digunakan untuk perkebunan dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa Bendungan Batutegi ini dibangun pada sekitar tahun 2000 sebagai alternatif penampungan air yang cukup dan jaringan irigasi air yang memadai sebagai perwujudan pengembangan areal persawahan seluas kurang lebih 66.573 ha.

Bendungan batutegi ini juga dipergunakan untuk pembangkit tenaga listrik dengan kapasitas 28 MW, selain itu Bendungan Batutegi ini juga memiiki kegunaan lain seperti untuk air baku (sumber pengolahan air minum yang memenuhi standar atau baku), untuk pariwisata, pengendalian banjir, dan perikanan. Dari kegunaan-kegunaan Bendungan Batutegi itulah yang menjadi dasar bagi Kanwil DJKN Lamkulu untuk dapat meningkatkan dan memaksimalkan PNBP bagi negara agar dapat menggerakan perekonomian nasional khususnya di provinsi Lampung. Dan tentunya juga Kanwil DJKN Lamkulu akan terus berkesinambungan dalam melakukan upaya penggalian potensi utilisasi BMN di masa mendatang.


Penulis: Rio Hindersah

Foto: Agustian Bovi

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini