Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tanoh Lampung Tanoh Lado
Rio Hindersah
Selasa, 22 Desember 2020   |   4951 kali

Tidak terasa waktu libur akhir tahun hampir tiba. Mengisi waktu akhir tahun ini, kegiatan apa saja yang akan kita lakukan? Pastinya kegiatan yang akan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga menjadi salah satu kegiatan paling menyenangkan. Terutama dalam situasi saat ini, dimana untuk tetap di rumah saja menjadi pilihan terbaik untuk kita semua.

Salah satu aktivitas yang biasa kita lakukan saat di rumah saja adalah memasak, terutama bagi kaum wanita. Banyak lho keuntungan yang bisa didapat dari aktivitas memasak di rumah, selain bisa berhemat, makanan yang kita santap juga lebih terjaga gizi dan kebersihannya.

Nah, berbicara mengenai masak-memasak, pastinya tidak asing dengan salah satu rempah yang biasa dipakai sebagai bumbu masakan, yaitu lada. Rempah yang mempunyai nama latin Piper Nigrum ini merupakan tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, dan pati. Dari ratusan jenis rempah-rempah di dunia, lada adalah salah satu yang paling banyak digunakan dalam berbagai jenis masakan dan menjadi barang perdagangan dunia. Itu sebabnya, lada mendapat julukan sebagai rajanya rempah-rempah atau "King of Spice".

Mungkin kita belum tahu bahwa Lampung merupakan penghasil lada kedua terbesar di Indonesia, dan menjadi provinsi penghasil lada hitam terbesar di Indonesia. Yaitu, sekitar 52% areal perkebunan lada di Indonesia terdapat di Lampung dan Bangka Belitung. Produksi komoditas lada Lampung berasal dari sejumlah sentra perkebunan, seperti di Kabupaten Lampung Timur, Lampung Utara, Way Kanan, dan Lampung Barat.

 

~ ~ ~
Bumiku Tanoh Lampung Kulawi

Panjak Wah-Wah Di Nusantara

Tani Tukun Sangun Jak Jebi

Tanoh Lampung Tanoh Lado

~ ~ ~

Sepenggal lirik lagu daerah bertajuk ”Tanoh Lado” di atas menggambarkan bahwa tanah Lampung tidak bisa dipisahkan dari lada/lado.

Hingga kini, komoditas lada merupakan salah satu rempah-rempah yang menjadi andalan Provinsi Lampung. Maka dari itu, tidak mengherankan jika lada menjadi salah satu bagian lambang provinsi di ujung timur Pulau Sumatera ini.

 

Penulis: Shinta Alisah Atmarani.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini