Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Public Speaking Itu Mudah!
Bellisa Gamelia Sembiring Kembaren
Jum'at, 12 Juni 2020   |   395 kali

SamarindaKanwil DJKN Kaltimtara kembali menyelenggarakan pembinaan online bagi seluruh pegawai Kanwil dan KPKNL wilayah DJKN Kaltimtara melalui ZOOM Meeting, kali ini dengan tema “In House Training Public Speaking.”

                Tidak hanya pegawai DJKN di Kaltimtara, pelatihan ini terbuka juga untuk umum. Publik yang berminat mengikuti pelatihan ini dapat mengaksesnya melalui YouTube Live Kanwil DJKN Kaltimtara. Acara dibawakan oleh Yohanes Supriyanto –atau biasa dikenal dengan sapaan “Kak Yo”- Widyaiswara Ahli Madya Balai Diklat Kepemimpinan-PPSDM. Selama dua jam, pembinaan yang berlangsung pada hari Kamis (11/06) dari pukul 14.00 WITA ini dibawakan dengan lancar dan mengalir oleh pria yang merupakan public speaker tersertifikasi tersebut.

                Beliau membongkar beberapa mitos yang selama ini melekat di benak orang-orang terkait public speaking, seperti ‘keterampilan public speaking itu dilahirkan’, ‘berbicara di depan umum membuat stres’, ‘Anda harus brilian untuk sukses sebagai pembicara’, ‘Anda harus memilliki banyak informasi dalam presentasi Anda’, dan ‘setiap Anda presentasi sesuatu yang buruk pasti terjadi’. “Kalau Anda takut bicara di depan umum itu wajar,” ujarnya. Ia merujuk pada hasil penelitian Chapman University Survey on American Fears, di mana ketakutan terhadap public speaking menduduki posisi pertama, bahkan mengalahkan rasa takut terhadap ketinggian.

                Kak Yo membagikan tips mengubah ketakutan tesebut menjadi rasa percaya diri. Pertama, tarik nafas dalam, tahan sebentar, kemudian hembuskan dengan metode 7-4-11 (detik) untuk mengatur ketenangan diri. Kedua, geser fokus. “Geser fokus Anda dari hal-hal negatif menjadi hal-hal positif,” pesannya. Ketiga, lakukan mental rehearsal (visualisasi). Berikutnya yaitu pusatkan perhatian pada pada fakta-fakta positif. Terakhir adalah persiapkan presentasi dengan jelas dan mudah. “Jangan lupa untuk menyiapkan 2-3 poin utama sebelum berbicara di depan umum.”

                Seseorang dapat dikatakan sebagai public speaker yang baik jika ia dapat memaksimalkan semua elemen dalam public speaking, yaitu Speaker, Message, Audience, Tool, dan Effect (SMAT-E). Sementara itu, dalam mengakhiri public speaking, Kak Yo memiliki tips yang ia rangkum ke dalam 1 kata: BEST yang merupakan singkatan dari Berkesan, Elegan, Sederhana, dan Tak Terlupakan. “Penutup tidak kalah pentingnya dengan pembuka dan isi, karena hal-hal akhir dari penyampaian Anda  akan menjadi sesuatu yang dikenang oleh audiens, entah itu baik atau buruk,” pungkasnya. (Bellisa/KIHI Kaltimtara)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini