Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Untukmu yang Mau Memasuki Usia 30-an, Tips ini Bisa Bikin Kamu Lebit Fit
Arum Ratna Dewi
Kamis, 24 Agustus 2023   |   1007 kali

Rentang usia 20 hingga 30-an adalah fase paling produktif dalam kehidupan seseorang ditambah rutinitas yang dilakukan tiap hari kadang membuat lupa kalau usia semakin menua. Apalagi banyak aktifitas yang dilakukan terlebih dalam hal pekerjaan. Pada masa ini banyak anak muda yang lengah dan tidak menjaga Kesehatan dengan baik. Akibatnya berbagai penyakit mulai membayangi seiring usia semakin bertambah. Minyak kayu putih dan obat maag sudah jadi Starter Pack. Buat kita yang memasuki 30-an atau lebih, beberapa tips dibawah ini semoga bisa membantu agar kita bisa jadi lebih fit dan bersemangat dalam bekerja.

Pertama adalah lakukan istirahat yang cukup. Saking semangatnya kerja kadang kita tidak sadar waktu sudah malam. sampai rumah atau kostan pun bisa jadi gak langsung istirahat tapi tergoda untuk nonton netflix atau scroll-scroll medsos. Dalam jangka waktu lama hal ini akan membuat tubuh kita jompo sebelum waktunya. Jadi mulai sekarang coba untuk tidur lebih awal.

Kedua adalah olahraga. Gak harus ke Gym loh, olahraga bisa dimulai dengan latihan-latihan yang ringan, misalnya jalan kaki 30 menit di pagi hari. Sudah banyak tulisan mengenai manfaat olahraga namun tanpa kemauan hal itu hanya akan terjadi dalam pikiran kita saja. Mager, gak ngapa-ngapain, memang terlihat nyaman tapi dalam jangka panjang itu berdampak buruk dengan kesehatan.

Ketiga adalah perhatikan makanan yang dikonsumsi. Junk food menjadi salah satu makanan favorit semua kalangan generasi. Namun jika sudah memasuki usia 30-an, maka coba ubahlah gaya hidup mulai dari mengurangi makanan yang mengandung kadar garam dna lemak tinggi yang bisa mengancam jantungmu.

Keempat adalah hentikan kebiasaan toxic. Gaya hidup yang tidak sehat terutama merokok dan minum alkohol adalah pemicu utama gangguan Kesehatan jantung.

Keenam adalah jaga Kesehatan mental. Seberat apapun tanggung jawab, luangkanlah waktu untuk menyegarkan pikiran, misalnya melakukan aktivitas yang disukai.

Hal yang terakhir adalah pertahankan berat tubuh ideal. Salah satu cara mengetahui berat ideal adalah dengan Body Mass Index (BMI). Cara menghitung BMI dengan rumus itu adalah berat badan (kg) dibagi tinggi badan (m) kuadrat. BMI yang  normal berada pada kisaran 18,5-25.  Jika angka BMI melebihi 25, kamu memiliki berat badan berlebih.  Sedangkan, jika angka BMI berada di bawah 18 berarti berat badanmu kurang. mempertahankan berat ideal mampu memperkecil luang berbagai penyakit metabolik.

Penulis: Sarjiyono – Pelaksana Bidang Piutang Negara

Referensi:

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-menghitung-bmi                

https://www.beautynesia.id/wellness/tetap-fit-dan-bugar-ini-7-kiat-menjaga-kesehatan-di-usia-30-an/b-266571

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini