Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
5 Tips Puasa Sehat, Tubuh Menjadi Kuat
Arum Ratna Dewi
Senin, 27 Maret 2023   |   4691 kali

Tak terasa yaa puasa ramadhan 1444H telah tiba. Selama kita menjalankan puasa, pasti banyak perubahan yang terjadi mulai dari pola tidur, pola makan, bahkan aktivitas sehari-hari. Nah, kita pastinya perlu beradaptasi dengan pola-pola baru tersebut. Salah satunya memastikan tubuh kita agar tetap fit dan kuat menjalankan sebulan penuh puasa ramadhan. Berikut beberapa tips yang dapat kita terapkan untuk menjalankan puasa sehat.

1.       Selalu makan sahur

Sahur memiliki peranan penting untuk menjaga stamina tubuh selama berpuasa dan aktivitas pada siang hari. Kita perlu makanan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks seperti telur, sayuran, kacang-kacangan, oatmeal, dan sumber lainnya. Selain itu, kita dapat melengkapi juga dengan lemak sehat yang berasal dari alpukat.

2.       Berbuka dengan makanan yang bernutrisi

Gorengan dan minuman manis selalu menjadi primadona sebagai makanan pembuka. Namun untuk menjaga pola hidup sehat, kita sebaiknya makan dengan nutrisi yang lengkap. Memulai berbuka dengan minum air putih atau air putih ditambahkan 1 sendok asam asetat kemudian makan 3 buah kurma dan buah-buahan lainnya. Asam asetat terbukti dapat menurunkan kadar gula darah. Kemudian kita dapat melanjutkan dengan ibadah shalat maghrib. Setelah shalat maghrib, dapat melanjutkan dengan makan dengan kandungan karbohidrat, serat, dan protein. Makanan manis dapat dijadikan sebagai dessert.

3.       Mengonsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup

Kurang minum pada saat sahur dan berbuka dapat membuat tubuh kita menjadi lemas. Rata-rata orang dewasa disarankan untuk minum 2 liter air atau 8 gelas air mineral setiap hari. Kita dapat menerapkan tips berikut ini agar kebutuhan air mineral tubuh terpenuhi.

4.       Rutin berolahraga

Olahraga sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Puasa bukanlah alasan bagi kita untuk tidak berolahraga. Kita perlu berolahraga pada sore hari mendekati waktu berbuka untuk menghindari dehidrasi. Jangan lupa juga untuk memilih olahraga yang tepat, yaitu olahraga dengan intensitas rendah atau sedang. Cukup dilakukan selama 30 menit.

5.       Menjaga pola tidur

Memastikan kita tidur tidak terlalu malam apabila tidak ada kegiatan yang terlalu penting. Hal ini agar memudahkan kita dapat bangun pagi untuk melaksanakan sahur.

Yuk, mulai terapkan tips puasa sehat di atas supaya tubuh tetap fit dan kuat sehingga memudahkan kita beraktivitas sehari-hari dengan baik tanpa merasa lemas. Dengan tubuh yang sehat dan kuat, ibadah puasa pun dapat berjalan lancar dan kita dapat menyambut lebaran dengan penuh kebahagiaan.


Penulis: Dias Wahyu Novianingrum dan Meilia Anggis Prawita - Pelaksana pada Bidang Lelang

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini