Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tips Mudik Aman dan Nyaman
Andi Ahmad Rivai
Kamis, 28 April 2022   |   4731 kali

Apa yang pertama terlintas di pikiran saat mendengar kata mudik? Menyenangkan karena akan bertemu keluarga? Liburan rame-rame? Mulai berburu tiket menuju kampung halaman? Mengumpulkan cuti untuk memperpanjang masa mudik? Atau malah terbayang kemacetan dan padatnya lalu lintas saat berkendara?

Sejak telah ditetapkannya hari libur nasional perayaan Idul Fitri 1443 H dan cuti bersama , yaitu libur hari raya lebaran akan jatuh pada tanggal 2-3 Mei 2022, sementara cuti bersama akan berlangsung pada tanggal 29 April kemudian berlanjut pada tanggal 4-6 Mei 2022.

Setelah ditetapkannya cuti Hari Raya Idul Fitri, sebanyak 79.4 juta orang diperkirakan akan mudik pada tahun 2022, menurut survei dari Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub) Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Berdasarkan angka tersebut, sekitar 40 juta pemudik diprediksi akan menggunakan kendaraan pribadi. Mudik adalah tradisi yang melekat pada masyarat Indonesia ketika Idul Fitri. Setelah dua tahun dilarang melakukan mudik karena tingkat kasus Covid-19 masih tinggi, akhirnya tahun ini pemerintah mengizinkan masyarakat yang hendak mudik untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman. Ketentuan  ini tentu saja sangat mengembirakan bagi masyarakat, karena tahun ini adalah kali pertama diperbolehkan mudik setelah adanya larangan pada tahun 2020 dan 2021 karena adanya lonjakan Covid-19.

Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk melakukan sejumlah persiapan, sehingga bisa tiba di kampung halaman dengan lancar dan selamat, apapun moda transportasi yang digunakan. Selain mentaati ketentuan pemerintah ada beberapa tips supaya mudik aman dan nyaman dimasa pandemi, berikut rangkuman yang dapat kamu persiapkan menjelang mudik:

1.    Cek keadaan rumah sebelum pergi. Ketika meninggalkan rumah, cabut semua kabel-kabel aliran listrik dan regulator gas, matikan kran air, pastikan untuk mengunci semua pintu, jendela dan pagar rumah dan apabila perlu beritahu tetangga atau satpam perumahan kalau kita bepergian supaya ikut mengawasi kondisi rumah.

2.    Istirahat cukup sebelum melakukan perjalanan, hal ini untuk menjaga kondisi tetap fit selama perjalanan.

3.    Informasikan tetangga atau kerabat. Pemudik disarankan untuk menginformasikan rencana mudik ke tetangga atau kerabat yang tidak mudik tahun ini. Sehingga, jika ada insiden tertentu, para pemudik bisa langsung dikabari.

4.    Lakukan vaksinasi Covid-19. Masyarakat yang berencana mudik dihimbau untuk mendapat vaksin Covid-19, guna memastikan adanya kekebalan terhadap virus.

5.    Membawa perlengkapan Kesehatan seperti obat-obatan dan vitamin.

6.    Pilih moda transportasi yang nyaman dan benar. Dalam memilih moda transportasi, perhatikan jarak tempuh ke kampung halaman. Jika jarak tempuhnya jauh atau berada di luar pulau, lebih baik jika memilih moda transpotasi udara karena lebih cepat.

7.    Apabila mudik dengan kendaraan pribadi , lakukan pengecekan mesin, rem, oli, ban dan peralatan seperti dongkrak, obeng dan tang untuk berjaga-jaga. Hal ini perlu dilakukan supaya perjalanan aman.

8.    Luangkan waktu untuk istirahat ketika mudik dengan kendaraan pribadi, lakukan sedikit peregangan dan memberi waktu kendaraan beristirahat sejenak.

9.    Terapkan protocol Kesehatan , dengan memakai masker sesuai ketentuan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan memakai hand sanitizer.

 

Penulis: Novy Adji Widjajanti – Kepala Bidang Penilaian

 

Referensi:

https://travel.kompas.com/read/2022/04/23/220600127/10-tips-mudik-lebaran-yang-aman-cek-kondisi-rumah-dan-kendaraan?page=all

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini