Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Moto Baru, Semangat Baru!
Andi Ahmad Rivai
Kamis, 23 Desember 2021   |   14453 kali

Istilah Moto (Motto) berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah kalimat, frasa, atau kata yang digunakan sebagai semboyan, pedoman, atau prinsip. Setiap orang bahkan suatu instansi pun tentunya memiliki moto yang diakui sebagai semboyan atau prinsip dalam memberikan pelayanan. Moto juga dapat menggambarkan semangat dan tujuan suatu instansi.

HARMONIS, moto baru dari Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara. Adanya moto ini diharapkan dapat membangkitkan semangat baru bagi seluruh pegawai di Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara dalam memberikan pelayanan kepada Stakeholder.

Kata HARMONIS itu sendiri memiliki singkatan yaitu Humanis, Amanah, Responsif, Mumpuni, Optimis, Nyaman, Inovatif, dan Sinergi. Berikut ulasan dari singkatan Moto “HARMONIS”; Humanis, dalam menjalankan tugas dan fungsinya,seluruh pegawai Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara mengedepankan prinsip menghargai sesama manusia berdasarkan asas perikemanusiaan sesuai dengan sila ke-2 Pancasila. Selain itu, menganggap pemangku kepentingan merupakan hal terpenting dari proses pelayanan. Dengan mengedepankan sisi humanis tersebut, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara mendukung implementasi salah satu nilai Kementerian Keuangan yaitu Pelayanan. Amanah, seluruh pegawai Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara menjunjung tinggi kode etik, budaya kerja, dan nilai-nilai Kementerian Keuangan sesuai ketentuan yang berlaku. Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara akan menjaga kepercayaan yang diemban dan dapat dipertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan dalam memberikan pelayanan kepada Stakeholder.  Sikap amanah dalam moto layanan ini sesuai dengan nilai Kementerian Keuangan yaitu Integritas. Responsif, dalam rangka meningkatkan kualitas layanan, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara menumbuhkan perilaku kerja proaktif, kooperatif, kritis, supportif, dan peka terhadap situasi dan kebutuhan lingkungan kerja. Dengan menerapkan sikap responsif dalam pelaksanaan tugasnya, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara mendukung implementasi nilai Kementerian Keuangan yaitu Pelayanan. Mumpuni, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kemampuan dan keterampilan sehingga mampu menyelesaikan tugas yang diemban dengan baik. Selain itu, dalam melaksanakan tugasnya juga berpedoman pada SOP sebagai acuan melaksanakan pekerjaan. Sikap mumpuni yang diterapkan  sejalan dengan nilai Kementerian Keuangan yaitu Profesionalisme. Optimis, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara senantiasa memberikan pelayanan dengan sepenuh hati dalam segala situasi dan kondisi sehingga pegawai memiliki keyakinan kuat dan kepercayaan tinggi akan mampu memberikan kinerja maupun layanan terbaik untuk para Stakeholder. Dengan memiliki rasa optimis, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara mengimplementasikan nilai Kementerian Keuangan yaitu Kesempurnaan. Nyaman, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara berusaha menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan bagi stakeholder. Situasi nyaman tercipta dari kualitas layanan dan juga kondisi sarana prasarana yang memungkinkan sehingga pelayanan untuk stakeholder berjalan dengan lancar. Dengan menerapkan prinsip nyaman dalam pemberian layanan, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara telah mengimplementasikan salah satu nilai Kementerian Keuangan yaitu Pelayanan. Inovatif, seluruh pegawai Kalimantan Timur dan Utara dalam bekerja senantiasa menyempurnakan mekanisme kerja yang sudah ada dan mengkreasikan hal baru secara terus-menerus dan berkelanjutan. Selain itu, sikap terbuka terhadap pengetahuan dan berani mengambil resiko, kreatif, dan fleksibel juga mendukung Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara mengimplementasikan nilai Kementerian Keuangan yaitu Kesempurnaan. Sinergi, dalam melaksanakan tugas dan fungsi, antar pegawai maupun dengan stakeholder selalu menjalin kerja sama dan membina suasana kekeluargaan. Adanya sinergi yang baik, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara dapat memastikan hubungan kerja sama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dan berkualitas sehingga Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara dapat mengimplementasikan nilai Kementerian Keuangan yaitu Sinergi.

Adanya moto layanan baru akan mendukung keberhasilan Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara untuk mewujudkan Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBBM) di tahun 2022. Hal ini tidak terlepas juga dari dukungan semua pegawai di Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara serta para stakeholder.



Penulis: Meilia Anggis Prawita - Pelaksana Bagian Umum 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini