Istilah Moto (Motto) berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa
Indonesia) ialah kalimat, frasa, atau kata yang digunakan sebagai semboyan,
pedoman, atau prinsip. Setiap orang bahkan suatu instansi pun tentunya memiliki
moto yang diakui sebagai semboyan atau prinsip dalam memberikan pelayanan. Moto
juga dapat menggambarkan semangat dan tujuan suatu instansi.
HARMONIS, moto baru
dari Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara. Adanya moto ini diharapkan dapat
membangkitkan semangat baru bagi seluruh pegawai di Kanwil DJKN Kalimantan
Timur dan Utara dalam memberikan pelayanan kepada Stakeholder.
Kata HARMONIS itu
sendiri memiliki singkatan yaitu Humanis, Amanah, Responsif, Mumpuni, Optimis,
Nyaman, Inovatif, dan Sinergi. Berikut ulasan dari singkatan Moto “HARMONIS”; Humanis, dalam menjalankan tugas dan fungsinya,seluruh
pegawai Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara mengedepankan prinsip menghargai
sesama manusia berdasarkan asas perikemanusiaan sesuai dengan sila ke-2
Pancasila. Selain itu, menganggap pemangku kepentingan merupakan hal terpenting
dari proses pelayanan. Dengan mengedepankan sisi humanis tersebut, Kanwil DJKN
Kalimantan Timur dan Utara mendukung implementasi salah satu nilai Kementerian
Keuangan yaitu Pelayanan. Amanah, seluruh pegawai Kanwil
DJKN Kalimantan Timur dan Utara menjunjung tinggi kode etik, budaya kerja, dan
nilai-nilai Kementerian Keuangan sesuai ketentuan yang berlaku. Kanwil DJKN
Kalimantan Timur dan Utara akan menjaga kepercayaan yang diemban dan dapat
dipertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan dalam memberikan pelayanan
kepada Stakeholder. Sikap amanah dalam moto layanan ini sesuai
dengan nilai Kementerian Keuangan yaitu Integritas. Responsif, dalam rangka
meningkatkan kualitas layanan, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara
menumbuhkan perilaku kerja proaktif, kooperatif, kritis, supportif, dan peka
terhadap situasi dan kebutuhan lingkungan kerja. Dengan menerapkan sikap
responsif dalam pelaksanaan tugasnya, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara
mendukung implementasi nilai Kementerian Keuangan yaitu Pelayanan. Mumpuni, Kanwil DJKN
Kalimantan Timur dan Utara didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang
memiliki kemampuan dan keterampilan sehingga mampu menyelesaikan tugas yang
diemban dengan baik. Selain itu, dalam melaksanakan tugasnya juga berpedoman
pada SOP sebagai acuan melaksanakan pekerjaan. Sikap mumpuni yang
diterapkan sejalan dengan nilai
Kementerian Keuangan yaitu Profesionalisme. Optimis, Kanwil DJKN
Kalimantan Timur dan Utara senantiasa memberikan pelayanan dengan sepenuh hati
dalam segala situasi dan kondisi sehingga pegawai memiliki keyakinan kuat dan
kepercayaan tinggi akan mampu memberikan kinerja maupun layanan terbaik untuk
para Stakeholder. Dengan memiliki rasa optimis, Kanwil DJKN Kalimantan Timur
dan Utara mengimplementasikan nilai Kementerian Keuangan yaitu Kesempurnaan. Nyaman, Kanwil DJKN
Kalimantan Timur dan Utara berusaha menciptakan suasana kondusif dan
menyenangkan bagi stakeholder. Situasi nyaman tercipta dari kualitas layanan
dan juga kondisi sarana prasarana yang memungkinkan sehingga pelayanan untuk
stakeholder berjalan dengan lancar. Dengan menerapkan prinsip nyaman dalam
pemberian layanan, Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara telah
mengimplementasikan salah satu nilai Kementerian Keuangan yaitu Pelayanan. Inovatif, seluruh pegawai Kalimantan Timur dan Utara dalam
bekerja senantiasa menyempurnakan mekanisme kerja yang sudah ada dan
mengkreasikan hal baru secara terus-menerus dan berkelanjutan. Selain itu,
sikap terbuka terhadap pengetahuan dan berani mengambil resiko, kreatif, dan
fleksibel juga mendukung Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara mengimplementasikan
nilai Kementerian Keuangan yaitu Kesempurnaan. Sinergi, dalam melaksanakan tugas
dan fungsi, antar pegawai maupun dengan stakeholder selalu menjalin kerja sama dan
membina suasana kekeluargaan. Adanya sinergi yang baik, Kanwil DJKN Kalimantan
Timur dan Utara dapat memastikan hubungan kerja sama internal yang produktif
serta kemitraan yang harmonis dan berkualitas sehingga Kanwil DJKN Kalimantan
Timur dan Utara dapat mengimplementasikan nilai Kementerian Keuangan yaitu Sinergi.
Adanya moto layanan baru akan mendukung keberhasilan Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara untuk mewujudkan Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBBM) di tahun 2022. Hal ini tidak terlepas juga dari dukungan semua pegawai di Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara serta para stakeholder.
Penulis: Meilia Anggis Prawita - Pelaksana Bagian Umum