Service Excellent: Layanan yang Humanis dan Solutif
SAMBA DEWANGGA SUHARTO
Senin, 02 Juni 2025 |
0 kali
Pontianak - Kanwil DJKN Kalimantan Barat berkolaborasi dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pontianak Tanjungpura telah menggelar kegiatan Pelatihan Service Excellent pada Senin (02/06). Bertempat di Aula Lantai 3, kegiatan yang dihadiri oleh seluruh pegawai dan PPNPN Kanwil DJKN Kalimantan Barat ini dibuka oleh Fatchur Berlianto selaku Kepala Bagian Umum yang menyampaikan terima kasih atas kehadiran peserta dan narasumber serta menekankan tujuan dan harapan yang diinginkan selepas pelatihan ini. Branch Manager Bank Mandiri KCP Pontianak Tanjungpura, Andi Iwan Setiawan, menyampaikan apresiasi atas kepercayaan Kanwil DJKN Kalimantan Barat, menekankan pentingnya kegiatan ini, serta mengajak peserta untuk aktif dan berbagi pengalaman selama sesi berlangsung.
Selanjutnya, pemaparan pelatihan dipandu oleh Rindita Destriyanti, Service Quality Officer Bank Mandiri Area Pontianak, selaku fasilitator dalam pelatihan ini yang menyampaikan beberapa topik, di antaranya Service Mindset, Customer Experience, Komunikasi yang Excellent, Standar Layanan, dan Complaint Handling. Dalam agenda ini juga dilakukan sesi interaktif berupa role play dalam menghadapi stakeholder dengan berbagai tipe karakter oleh para peserta pelatihan. Salah satu hal yang mengemuka dalam sesi diskusi adalah bagaimana menjaga semangat pelayanan saat menghadapi stakeholder yang tidak kooperatif yang dapat ditanggapi dengan empati, fokus pada peran dan tugas layanan, serta bersikap profesional.
Pelatihan ini salah satunya bertujuan membentuk fondasi kompetensi layanan prima sehingga pegawai tidak hanya ramah, tapi juga efektif, profesional, dan berkesan dalam melayani. Untuk itu, para pegawai Kanwil DJKN Kalimantan Barat diharapkan agar dapat menerapkan materi yang sudah diperoleh dalam pekerjaan sehari-hari sehingga mampu menginspirasi perubahan sikap pelayanan yang lebih humanis dan solutif.
Foto Terkait Kilas Peristiwa