Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sambut Bulan Suci Ramadhan, Kanwil DJKN Kalbar Gelar Pengajian Targhib Ramadhan 1445 H
Thaus Sugihilmi Arya Putra
Jum'at, 08 Maret 2024   |   41 kali

Pontianak (5/3) Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 H, Kanwil DJKN Kalbar menggelar kegiatan pengajian Targhib Ramadhan 1445 H yang dilaksanakan di aula lantai 3 Kanwil DJKN Kalbar. Sebelumnya yaitu pada Senin (4/3) Bintalnas Muslim Kanwil DJKN Kalbar telah pula melaksanakan rapat pembahasan persiapan Amaliah selama Bulan Suci Ramadhan 1445 H yang dilaksanakan di ruang Co Working Space (CWS). Kegiatan pengajian yang dilaksanakan dalam rangka Pembinaan Mental dan Agama Nasional (Bintalnas) Muslim pegawai Kanwil DJKN Kalbar di aula lantai 3 Kanwil DJKN Kalbar kali ini bertema “Bekal Menyambut Ibadah Puasa”. Ceramah agama disampaikan oleh Ustadz Dr. Pabali Musa, M.Ag., dosen Fisipol Universitas Tanjungpura (Untan) sekaligus Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalbar. Sebelum  pengajian dimulai, kegiatan diawali dengan pembacaan lantunan ayat-ayat suci Al Quran (Surat Al Baqarah ayat 183-185) dan sari tilawah yang dibacakan oleh Dwi Riskon, Kepala Seksi Kepatuhan Internal pada Bidang KIHI Kanwil DJKN Kalbar.

Selanjutnya Fatchur Berlianto, Kepala Bagian Umum menyampaikan kata sambutan pengajian menggantikan Ketua Bintalnas muslim yang sedang berhalangan hadir. Pria yang hobby berolahraga sepeda dan akrab dipanggil Pak Itok ini dalam kata sambutan pengajiannya menyampaikan kepada para pegawai agar betul-betul memahami tujuan berpuasa ramadhan yaitu untuk mencapai derajat ketaqwaan. “Agar bisa diaplikasikan dalam kehidupan dan melaksanakan tugas-tugas kantor yang menuntut keikhlasan dan integritas pegawai di mana pun dan kapan pun bertugas”, pungkasnya.

Memasuki acara inti yaitu penyampaian tausiyah, ustadz menyampaikan bekal syariah menjelang datangnya bulan puasa yaitu: Memotivasi diri; Mengevaluasi puasa kita di tahun lalu; Meningkatkan pengetahuan tentang pelaksanaan ibadah puasa yang benar dan unggul; dan Memahami Modal ketaqwaan.

Setelah penyampaian ceramah keagamaan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab ini banyak sekali pertanyaan seputar persiapan puasa ramadhan yang datang dari jamaah pengajian Bintalnas muslim. Satu per satu pertanyaan bisa dijawab oleh ustadz dan menambah pemahaman jamaah pengajian. Kegiatan pengajian Targhib Ramadhan 1445 H ditutup dengan doa penutup yang dipimpin oleh ustadz.

Semoga dengan pelaksanaan targhib Ramadhan 1445 H ini akan dapat membuat para pegawai jamaah pengajian Bintalnas muslim Kanwil DJKN Kalbar lebih siap dan dapat melaksanakan ibadah puasa ramadhan dengan sebaik-baiknya serta meraih predikat sebagai muslim yang bertakwa.

 

(Ditulis oleh: Arya Putra/Tim Bidang KIHI Kanwil DJKN Kalbar)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini