Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
   150 991      Login Pegawai
Berita Kanwil DJKN Kalimantan Barat
Jadilah Birokrat Yang Melayani Dengan Cepat, Tepat dan Berintegritas

Jadilah Birokrat Yang Melayani Dengan Cepat, Tepat dan Berintegritas

DEDY SASONGKO
Rabu, 12 Agustus 2020 |   484 kali

Pontianak (12/08), Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Edward UP Nainggolan memberikan ceramah dalam Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode III Tahun Anggaran 2020 melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada tanggal 11 Agustus s.d. 9 September 2020 (on campus I) oleh Balai Diklat Keuangan Pontianak dengan tema  “Muatan Teknis Subtantif Lembaga : Kedudukan dan Fungsi PNS” melalui Zoom Virtual Meeting.

Edward menyampaikan bahwa PKN STAN merupakan salah satu lembaga yang bertugas menyiapkan SDM Kementerian Keuangan dengan baik. Kementerian Keuangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “APBN menjadi salah satu garda terdepan dalam menghadapi pandemi covid 19. Kementerian Keuangan mempunyai peranan penting dalam mengumpulkan uang untuk membiayai APBN dan mengelolanya untuk program program pembangunan nasional ’ kata Edward.

Selanjutnya Edward menyampaikan materi “Kedudukan dan Fungsi PNS”.  Pegawai Negeri Sipil mempunyai peran yang amat penting dalam menciptakan masyarakat madani yang taat hukum, berperadaban modern, demokratis, makmur, adil, dan bermoral tinggi dalam menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat secara adil dan merata, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila dan Undang Undang Dasar Tahun 1945. Untuk mencapai layanan birokrasi terbaik ASN harus :

1.    Merubah mind set dan culture set birokrat bahwa birokrat adalah pelayan masyarakat yang harus proaktif, antisipatif, bekerja cepat, tepat dan tulus.

2.    Melaksanakan penyederhanaan SOP dan mempersingkat waktu layanan sehingga layanan cepat, tepat dan tidak berbelit-belit.

3.    Memanfaatkan teknologi informasi untuk menciptakan pelayanan yang cepat, tepat, dan mengurangi terjadinya KKN.

Pegawai ASN berperan sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi.

Di era digital seperti sekarang seorang leader harus mampu bertranformasi menjadi digital leader yang responsive terhadap tantangan global berupa disruption era, revolusi industry 4.0, digital transformasi dan generasi milenial. Selain itu leader juga dituntut menjadi role model (inspiring), pembuat keputusan (Decision Making), memberikan arahan yang jelas (guidance), memperkuat komunikasi dengan pegawai, memberi apresiasi (reward) kepada pegawai, mendukung perkembangan karier pegawai, meningkatkan kompetensi diri maupun pegawai, dan menciptakan inovasi.

“Kita harus menjadi pegawai yang memiliki  integritas, profesionalisme, bekerja dengan tulus, efektif dan efisien dan selalu proaktif dalam memberikan pelayanan kepada stake holder pesan Edward ketika mengakhiri ceramah kali ini.  (humasKanwilKalbar)

Foto Terkait Berita

Floating Icon