Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Optimalkan Lelang Kanwil BRI Jakarta 3 Cluster Kalbar Gelar Pertemuan Virtual
Dedy Sasongko
Selasa, 12 Mei 2020   |   390 kali

Pontianak – Kanwil BRI Jakarta 3 dengan Kanwil DJKN Kalimantan Barat melaksanakan sharing session melalui aplikasi zoom cloud meeting dengan tema Optimalisasi Kinerja Lelang(12/5).  Pertemuan virtual ini diikuti oleh Pimpinan beserta wakil Pimpinan Wilayah BRI Jakarta 3, seluruh Pimpinan Cabang BRI Kluster Kalimantan Barat, Kepala Kanwil DJKN Kalbar, Kepala KPKNL Pontianak dan Kepala KPKNL Singkawang.

Sharing session ini dibuka oleh Sutadi selaku pimpinan wilayah BRI Jakarta 3 yang menyampaikan apresiasinya atas hubungan  baik antara BRI dengan DJKN selama ini. BRI dan DJKN tidak bisa jalan sendiri sendiri karena BRI sebagai pihak yang memohon lelang dan DJKN sebagai pihak yang melaksanakan lelang.

BRI Wilayah Jakarta 3 Kluster Kalimantan Barat mempunyai 9 Cabang BRI. Ditahun 2020 s/d bulan Maret telah melaksanakan lelang sebanyak 24 kali dengan total nilai limit Rp 75 milyar, dan laku lelang Rp 960 juta serta dampak lelang terhadap pembayaran/pelunasan Rp 1,5 milyar. Kanwil BRI 3 Kluster Kalimantan Barat merencanakan lelang untuk triwulan II s/d IV tahun 2020 sebanyak 88 debitur dengan total nilai limit Rp 76,28 milyar.

“Daya beli masyarakat terhadap property menurun, pemasaran agunan belum maksimal dan adanya beberapa SKPT tidak terbit padahal calon pembeli sudah ada.  Hal ini menjadi kendala tersendiri terhadap tingkat laku dari pelaksanaan lelang” kata Sutadi. Selain itu Sutadi juga menyampaikan bahwa pengosongan aset yang akan dilelang juga dapat menghambat lakunya barang yang akan dilelang. “Permohonan lelang yang sudah ada calon pembelinya untuk diprioritaskan penetapan lelangnya” harap Sutadi.   

Menanggapi hal tersebut Kepala Kanwil DJKN Kalbar, Edward UP Nainggolan  menjelaskan bahwa seiring dengan perkembangan organisasi  baik di BRI maupun DJKN, hubungan kerjasama yang sudah terjalin lama harus tetap dijaga dan ditingkatkan dalam konteks kerjasama yang saling menguntungkan, dalam kaitannnya dengan tugas dan fungsi DJKN  untuk melaksanakan lelang. “Untuk meningkatkan pemasaran lelang, Kanwil DJKN Kalbar beserta KPKNL telah beberapa kali menayangkan pengumuman lelang melalui vidiotron’, kata Edward. Khusus untuk lelang yang sudah ada calon pembelinya akan diprioritaskan penetapannya dengan syarat semua dokumennya sudah lengkap. 

Edward juga menyarankan agar BRI membuat brosur/spanduk dan bisa juga melalui media sosial untuk memberikan informasi seluas luasnya kepada calon pembeli lelang. Terkait dengan kendala penerbitan SKPT, Kanwil DJKN Kalimantan Barat akan berkoordinasi dengan kanwil pertanahan dan seluruh kantor pertanahan di Provinsi Kalimantan Barat untuk percepatan penerbitan SKPT.   

Selanjutnya dilaksanakan sesi tanya jawab  dari  seluruh Pimpinan Cabang BRI cluster Kalimantan Barat yang ditanggapi oleh Kepala KPKNL Pontianak dan Kepala KPKNL Singkawang secara bergantian.

Diakhir kegiatan, Edward menyampaikan akan lebih concern tentang penerbitan SKPT, strategi pemasaran lelang terus ditingkatkan, sinergi lebih diintensifkan, mempercepat permohonan lelang online dan sosialisasi terus dilaksanakan.(Humas Kanwil DJKN Kalbar)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini