Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Irjen Kemenkeu Kunjungi Perwakilan Kemenkeu Kalimantan Barat
Dedy Sasongko
Rabu, 07 Agustus 2019   |   512 kali

Pontianak – Inspektur  Jenderal Kementerian Keuangan, Sumiyati didampingi 4 inspektur mengunjungi Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Barat di Aula Kanwil Perbendaharaan Kalimantan Barat, Rabu (07/08). Dalam kegiatan yang diikuti oleh Kakanwil DJP Kalbar, Kakanwil DJKN Kalbar,  Kakanwil Perbendaharaan Kalbar dan para pejabat eselon III serta IV di lingkungan Kementerian Keuangan Kota Pontianak, Sumiati menyempatkan diri untuk memberikan arahan tentang pentingnya integritas bagi seluruh insan Kementerian Keuangan dalam melaksanakan tugas sehari hari.

“Pegawai kepatuhan internal di masing masing instansi harus benar benar independen, jangan menaruh pegawai baru di unit kepatuhan internal (UKI), harus pegawai yang mempunyai kompetensi memadai sehingga pengawasan bisa berjalan dengan baik” kata Sumiyati. Menurut Sumiyati semua pegawai yang di tempatkan di UKI juga harus diberikan akses informasi  semua pegawai di intansinya sehingga bisa melakukan pengawasan secara langsung untuk mengurangi potensi terjadinya penyelewengan. Jangan hanya karena satu orang yang melakukan penyelewengan, menyebabkan tercorengnya nama Kementerian Keuangan, karena akan sangat sulit untuk mengembalikan nama baik tersebut.

Mengingatkan pula untuk semua insan Kemenkeu dalam menggunakan media sosial harus berhati hati, karena rekam jejaknya tidak akan hilang sampai kapanpun dan hal ini bisa menyebabkan masalah dikemudian hari. Banyak orang yang bermasalah karena menggunakan media sosial secara sembarangan. 

Berdasarkan survey integritas, di lingkungan Kementerian Keuangan belum mencapai 100 % sehingga potensi terjadinya penyelewengan masih sangat mungkin terjadi dan menjadi concern Menteri Keuangan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya hal ini. Berdasarkan strategi nasional pemberantasan korupsi salah satunya adalah terkait dengan keuangan negara dan ini berarti yang disasar adalah Kementerian Keuangan. Untuk itu pimpinan harus lebih sering memantau semua pegawainya sehingga apabila terjadi sesuatu segera bisa diambil tindakan yang sesuai. Seiring dengan semakin banyaknya pegawai Kemenkeu yang berusia muda (milenial), bimbingan dan arahan yang tepat dari atasan sangat diperlukan sehingga potensi anak terbaik bangsa ini  makin berkembang dan sesuai dengan rel yang ada.

Diakhir pengarahannya, Sumiyati berpesan agar fungsi UKI dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga bisa meminimalisir resiko terjadinya penyelewengan dan apabila ditemukan terjadinya penyelewengan untuk segera ditindaklajuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (KIHI Kanwil DJKN Kalbar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini