Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Barat > Artikel
Relawan Kemenkeu Mengajar 8 sebagai Wujud Pengabdian Untuk Negeri
Thaus Sugihilmi Arya Putra
Selasa, 24 Oktober 2023   |   203 kali

Dalam rangka Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-77, kembali Kementerian Keuangan Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan mengajar selama satu hari di sekolah. Para Relawan Kegiatan Mengajar tersebar di beberapa provinsi di seluruh Indonesia. Kegiatan Kemenkeu Mengajar merupakan kegiatan rutin yang telah dilaksanakan selama 7 (tujuh) tahun berturut-turut sejak tahun 2016. Tujuan kegiatan sebagai wujud kepedulian Kementerian Keuangan kepada dunia pendidikan Indonesia.

Kegiatan Kemenkeu mengajar menjadi satu pembeda dari sistem pengajaran yang biasa diterima oleh para siswa di sekolah. Sistem pengajaran yang dilaksanakan dalam suasana senang dan hubungan yang cair antara pengajar dan para siswa. Materi yang diajarkan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap tugas dan fungsi Kementerian Keuangan RI.

Alhamdulillah penulis selaku salah satu relawan pengajar sudah mengikuti sejak tahun 2017. Dan pada tahun 2023 mendapat kesempatan mengajar bersama dengan rekan-rekan dari KPP Sanggau di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Pontianak yang tak jauh letaknya dari kantor penulis. Salah satu materi yang diajarkan yaitu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). APBN yang merupakan sumber pembiayaan bagi pembangunan dan pelaksanaan pelayanan publik oleh masing-masing satuan kerja pada Kementerian/Lembaga.

Pada saat penyampaian materi APBN dijelaskan bagaimana APBN disusun dan ditetapkan. Urgensi APBN yang sangat vital dan strategis dalam menjaga perekonomian Indonesia agar tetap stabil dan berjalan baik. APBN juga sebagai shock absorber yang dapat membantu daya beli masyarakat di saat harga komoditi melambung tinggi. Contohnya pernah terjadi kenaikan harga minyak mentah dunia yang mengakibatkan pemerintah terpaksa menaikkan harga BBM. Kenaikkan tersebut berimbas pada kenaikan harga kebutuhan lainnya. Namun dengan APBN pemerintah membuat kebijakan memberi bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu agar tetap bisa membeli.

Pada kesempatan ini, penulis juga memberikan materi terkait dengan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Keuangan Negara (DJKN) yang merupakan salah satu Eselon I dibawah Kementerian Keuangan. Core tugas DJKN yang  beragam seperti penilaian, pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara/daerah, dan pelayanan lelang. Layanan tersebut dapat dipergunakan oleh para stakeholder pada Kanwil DJKN maupun KPKNL setempat. Dikarenakan waktu yang sangat terbatas, penulis hanya memberikan penjelasan secara umum terkait layanan-layanan tersebut.

Agar siswa tidak jenuh dalam menerima pelajaran, penulis sesekali memberikan quiz atau pertanyaan terkait dengan materi yang disampaikan. Untuk lebih mencairkan suasana penulis juga mengadakan simulasi pelaksanaan lelang dan game-game untuk menambah antusias para siswa dalam menerima dan memahami materi yang disampaikan. Penulis merasakan kebahagiaan pada diri para siswa dimana dapat menciptakan keriangan dalam kelas namun tetap memberikan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat.

Penulis juga menyelingi materi pelajaran dengan nasihat-nasihat agar para siswa selain giat dan disiplin menuntut ilmu juga harus pandai berorganisasi, menulis dan mahir berbahasa asing. Demikian yang dapat penulis sampaikan. Pada akhirnya, harapan penulis semoga kegiatan ini dapat menginspirasi bagi pegawai Kemenkeu lainnya. Jangan lelah untuk mencintai negeri ini, memberi dengan sepenuh hati.

 

Penulis : Agus Rodani

Pegawai pada Kanwil DJKN Kalimantan Barat

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini