Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bimbingan Mental : Kerja Ibadah, Kerja Berkah
Muhammad Rudi Hidayat
Selasa, 06 April 2021   |   396 kali

Surabaya—Allah Subhana Wata’ala berfirman dalam kitabnya Al Qur’anul Karim, “Kami telah membuat waktu siang untuk mengusahakan kehidupan (bekerja)”. Kalimat ini tercantum dalam Al Qur’an Surat An Naba ayat 11. Rosulullah Muhammad Salallahu Alaihi Wasalam bersabda “Barang siapa yang merasakan keletihan di sore hari karena pekerjaan yang dilakukan dengan kedua tangganya maka ia dapatkan dosanya diampuni oleh Allah SWT pada hari tersebut” (HR Imam Thabrani). Firman Allah dan Hadist ini menjadi kunci tausiah kegiatan Bimbingan Mental dengan tema Kerja Ibadah, Kerja Berkah yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah DJKN pada tanggal 6 April 2021 secara daring.

Agus sapaan akrab Tugas Agus Priyo Waluyo Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur dalam pembukaan kegiatan ini menyampaikan supaya pegawai mengikuti dengan baik kegiatan bimbingan mental yang akan mengulas bagaimana ethos kerja yang menjadi ibadahdan mendapatkan berkah dalam kehidupan. Pegawai dijajaran Kanwil DJKN Jawa Timur diharapkan dapat menerapkan apa yang kan disampaikan oleh narasumber dalam pekerjaan sehari hari supaya mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Bimbingan mental ini menghadirkan narasumber Rustanto Kepala Bagian Kepegawaian DJKN.  Rustanto mengulas bagaimana kerja kita akan mempunyai nilai. Kerja yang kita lakukan akan bernilai apabila kita mengerjakan dengan niat ikhlas, mendapatkan keridhoaan dari Allah, pekerjaan itu diperbolehkan secara syar’i dan tidak mengabaikan perkara wajib seperti sholat. Lebih jauh lagi rustanto menyampaikan kerja kita akan bernilai apabila hasilnya berkualitas dilaksanakan dengan penuh ketekunan, amanah dan menghindarkan diri dari perasaan yang merusak amalan seperti riya’ atau sombong.

Bagian kedua dari pemaparan bintal ini, Rustanto memberikan tips bagaimana supaya kerja kita membawa berkah. Menurutnya, kita harus selalu mendoakan orang tua dan membuat hati mereka senang. Jangan sampai meninggalkan sholat wajib, tidak tidur setelah sholat subuh dan memperbanyak istighfar.

Menutup bintal ini, Rustanto meyakinkan kepada audience tentang janji Allah dalam Al Qur’an surat Al A’raf ayat 96, “Jika sekiranya penduduk negeri-negeri itu beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi”. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini