Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tes Serologi Untuk Pegawai Kanwil DJKN Jawa Timur
Muhammad Rudi Hidayat
Rabu, 22 Juli 2020   |   642 kali

Surabaya—Kantor Wilayah  DJKN Jawa Timur menyelenggarakan tes serologi virus corona Covid-19 secara masal pada hari Rabu tanggal 22 Juli 2020. Tes ini diselenggarakan untuk mengetahui kesehatan seluruh pegawai organik ASN maupun tenaga PPNPM. Kegiatan yang diselenggarakan bekerja sama dengan Rumah Sakit William Booth Surabaya secara bertahap ini memungkinan untuk memberlakukan physical distancing.

Tes serologi antibodi SARS-CoV-2 berbasis lab adalah tes untuk mendeteksi antibodi baik Imunoglobulin M (IgM) dan Imunoglobulin G (IgG) terhadap SARS-CoV-2 dalam darah. Cara mendeteksinya dilakukan dengan mengambil darah pasien dan dimasukkan ke tabung darah untuk diproses di laboratorium.

Hasil dari tes serologi ini bisa reaktif dan non reaktif. Kalau hasilnya reaktif kemungkinan tubuh mengandung antibodi SARS-CoV-2. Antibodi reaktif tidak selalu diartikan virus sedang aktif dalam tubuh. Antibodi juga bisa terdeteksi karena adanya infeksi yang terjadi di masa lampau.

Jika dinyatakan reaktif, maka perlu melakukan isolasi diri sebelum melanjutkan tes PCR untuk memastikan positif atau negatif Corona karena tes antibodi bukan diagnosis pasti. Lain halnya jika tubuh dinyatakan non reaktif, kemungkinan besar tubuh belum memiliki antibodi saat ini. Namun hasil antibodi  SARS-CoV-2 non reaktif bukan berarti bahwa tubuh tidak terinfeksi virus Corona COVID-19.

Disarankan untuk sebaiknya menjalani tes antibodi ulang dalam waktu 7-10 hari agar memastikan apakah benar-benar terinfeksi Corona atau tidak. Konsultasi dengan dokter untuk melihat faktor risiko lain. Tetap lakukan physical distancing (jaga jarak), terapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat, cuci tangan, serta gunakan masker jika keluar rumah.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini