Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
RAPAT KOORDINASI PROGRAM KERJA AKSELERASI PELAKSANAAN LELANG 2019 KANWIL DJKN JAWA TIMUR DAN PT. BRI KANWIL SURABAYA DAN MALANG
Muhammad Rudi Hidayat
Senin, 18 Maret 2019   |   220 kali

Baobab Safari Resot Pasuruan – Jumat (15/03) Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Timur dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Wilayah Surabaya dan Malang melaksanakan rapat koordinasi program kerja akselerasi pelaksanaan lelang tahun 2019. Rapat koodinasi Program kerja Akselerasi Pelaksanaan Lelang 2019 antara Jajaran Kanwil DJKN Jawa Timur dan PT. BRI Kantor Wilayah Surabaya dan Malang, dilaksanakan tanggal 14-15 Maret 2019 sebagai bentuk undangan dari PT. BRI Kantor Wilayah Surabaya Nomor: B.061/KW-XI/RPK/03/2019 tanggal 5 Maret 2019.

Acara dimulai sore hari tanggal 4 Maret 2019 dengan persahabatan pertandingan volley antara Kanwil DJKN dan PT. BRI Kantor Wilayah Surabaya dan Malang, dimana Kanwil DJKN diwakili oleh Bapak Etto beserta kepala KPKNL dan PT. BRI diwakili oleh Kepala Cabang dan AO. Malam hari acara dilanjutkan dengan acara keakraban bersama dengan Gala Diner dan penampilan band baik dari Kanwil DJKN maupun band dari Kanwil BRI Surabaya dan Malang. Acara cukup meriah karena baik pimpinan PT. BRI Kanwil Surabaya dan malang  serta Pak Etto Sunaryanto selaku kepala Kanwil DJKN Jawa Timur tampil membawakan beberapa lagu yang memeriahkan acara gala diner tersebut.

Acara rapat dimulai tepat pukul 08.00 tanggal 15 Maret 2019, yang dimulai dengan sambutan Kepala Kanwil PT. BRI Kanwil Surabaya, Yana Soeprianan, dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada Etto beserta jajarannya yang selama ini telah membantu dalam penyelesaian kredit macet melalui lelang dan diharapkan ke depan dengan rapat koordinasi akselerasi pelaksanaan lelang di tahun 2019 ini pengajuan lelang dari BRI di Wilayah Jawa Timur akan lebih efektif dan tidak ada kendala berarti.

Dalam sambutannya Etto Sunaryanto mengatakan penggabungan rapat koordinasi dengan PT. BRI Kanwil Surabaya dan Malang sekaligus  akan lebih meng efektif dan efisienkan karena pembahasan rapat berisi hal yang sama, efisien dalam hal waktu dan biaya dibandingkan bila diadakan sendiri-sendiri. Etto menjelaskan bahwa permasalahan utama akselerasi lelang adalah kelengkapan dokumen permohonan lelang dari BRI, apabila tidak lengkap KPKNL tidak dapat menetapkan jadual lelangnnya, seperti kekurangan bukti setor bea permohonan lelang. Oleh sebab itu dia menghimbau agar dalam hal dokumen lelang ini, BRI untuk lebih teliti dan sesuai dengan form baik  kelengkapan legalitas obyek dan subyek nya.Selain itu Etto menjelaskan pula tentang efisiensi pelaksanaan lelang BRI di wilayah DJKN Jawa Timur yang masih di bawah 32%. Target Kanwil DJKN jawa Timur untuk efisiensi pelaksanaan lelang tahun ini 32%. Diharapkan hal tersebut dapat dicapai. Namun dari sisi BRI sendiri ternyata pelaksanaan lelang ditahun 2018 telah efisien karena pengukuran suksenya bukan laku lelangnya namun keberhasilan penyelesaian hutangnya. Lelang ternyata bagian akhir. Efek lelang ternyata cukup besar dalam penyelesaian hutang di BRI, baik pelunasan maupun restrukturturisasi hutang.  Etto berharap kepada jajarannya selalu meningkatkan kerjasama dan koordinasi serta pelayanan karena BRI merupakan patner utama dalam lelang di wilayah Jawa Timur karena jumlah frekuensinya yang cukup besar.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan hasil evaluasi lelang UUHT BRI tahun 2018 dan tahun 2019 sampai dengan bulan Februari yang disampaikan oleh Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Surabaya, Herdiah Palupi.  Setelah itu dilanjutkan dengan acara tanya jawab yang di dalamnya menanyakan tentang permintaan perlakuan khusus untuk prioritas terhadap permohonan lelang yang sudah ada calon pembeli untuk jadwal lelang, permintaan edukasi tentang pengajuan dokumen lelang yang benar serta tentang lelang obyek yang di atasnya ada sewa.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan akselerasi pelaksanaan lelang tahun 2019 yang diaksanakan dengan langsung mempertemukan KPKNL yang diwakili oleh kepala kantor dan kepala seksi lelang langsung berhadapan dengan Kepala Cabang beserta AO untuk membahas percepatan pengajuan permohonan lelang dan rencana penjadual lelang selama satu tahun. Diharapkan dari hasil rapat koordinasi lelang ini akan dapat dijadualkan lelang lebih awal dan tidak mepet di akhir tahun dan mengurangi kendala-kendala dilapangan dengan cepat. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini