Prima Aprilawati
(Bagian Umum Kanwil DJKN Jawa Timur)
Kalimat kebanggaan segenap warga Kanwil DJKN Jawa Timur ini siapa yang belum pernah mendengarnya? Belum lagi makna dan sejarahnya. Singkat cerita, pembentukan tagline ini dilakukan dengan melibatkan seluruh bagian dan bidang di Kanwil DJKN Jawa Timur; yang mana slogan UAPIK ini muncul dari Bagian Umum meskipun pada akhirnya terdapat penyempurnaan dalam hal akronimnya. Lalu apa hubungannya dengan Bagian Umum? Tentunya lebih dari sekedar kata pastinya.
UAPIK sendiri berasal dari kata apik dalam pelafalan Bahasa
Jawa Timuran, yang artinya bagus atau baik-baik. Pada mulanya, kata ini
merupakan kata sifat yang berkonotasi positif, yang digunakan sebagai salah satu instrumen oleh segenap pegawai yang melakukan tusi
pelayanan dalam menanyakan tingkat kepuasan layanan terhadap stakeholder
sebagai upaya peningkatan layanan. Sebagai contoh:
Q:
Bagaimana Bapak/Ibu pelayanan kami?
A:
Uapik
sehingga
akan memberikan kesan yg mendalam dan mudah diingat bagi stakeholder.
UAPIK mempunyai arti dan makna tersendiri, namun juga
membentuk satu kesatuan kalimat dan makna yang dalam.
U : Unggul
dalam inovasi,
A : Amanah
dalam mengemban tugas,
P : Profesional
dalam bekerja,
I : Integritas
dalam berpikir, berkata, dan berperilaku, serta
K : Kesempurnaan
dalam upaya perbaikan di segala bidang.
Bagian Umum merupakan penyedia
jasa dengan stakeholder internalnya, merupakan rumah bagi seluruh warga
Kanwil DJKN Jawa Timur. Seperti seorang ibu dan ayah yang selalu berusaha
memenuhi kebutuhan anggota keluarganya, Bagian Umum juga berusaha memberikan
yang terbaik bagi semuanya. Dengan memberdayakan apa yang ada dan
mengoptimalkan apa yang bisa digapainya.
U : Unggul
dalam inovasi. Ada apa saja yang baru dan segar dari
Bagian Umum? Tersedia aplikasi yang bersifat webbased yang dapat diakses
tanpa perlu mengunduh aplikasi. SDM UAPIK Namanya. Sesuai dengan namanya, aplikasi
ini memuat basis data pegawai, kompetensi pegawai, KGB, diklat, LHK dan Pajak
yang dapat diakses pada bit.ly/SDMUAPIK
A : Amanah
dalam mengemban tugas. Amanah dapat diartikan dapat
dipercaya. Terdiri dari tiga subbagian dengan tusinya masing-masing, Bagian
Umum selalu berusaha melaksanakan perannya semaksimal mungkin, memegang
kepercayaan yang telah diberikan oleh stakeholder-nya maupun yang
teramanatkan selaku bagian dari institusi dengan sebaik-baiknya. Terdengar
idealis namun sifat amanah ini teramat sangat dijunjung tinggi bagi yang ingin
mewujudkan kesempurnaan dalam pelayanan.
P : Profesional
dalam bekerja. Profesional dapat diartikan memerlukan
keahlian khusus untuk menjalankannya.
Sesuai
dengan kebijakan yang berlaku, saat ini pegawai ditempatkan sesuai dengan
kompetensinya masing-masing dan diberikan kesempatan untuk mengembangkan skill-nya
sesuai dengan kondisi eksisting namun juga diberikan kesempatan untuk
memperluas kompetensi dimilikinya. Hal tersebut benar-benar menjadi salah satu
fokus Subbagian Sumber Daya Manusia. Ada pun layanan yang diberikan terkait
pengelolaan Sumber Daya Manusia, yaitu dalam hal pemberian hak maupun
kewajiban-kewajiban pegawai.
Dalam
hal pengelolaan anggaran, personel dari Subbagian Keuangan dipastikan mumpuni
untuk memberikan layanan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Dengan harapan
apa yang dibutuhkan dapat diakomodir dan tercukupi dari sisi anggarannya.
Tentunya dengan tetap berada pada koridor aturan yang sesuai, sehingga
memastikan pelaksanaan anggaran tepat sasaran, efektif, dan efisien. Hal
tersebut dapat dilihat dari Laporan Keuangan yang disusun, dilakukan
konsolidasi, dan diaudit secara rutin tiap tahunnya dengan hasil audit Wajar
Tanpa Pengecualian dalam beberapa tahun terakhir.
Selayaknya
rumah dan keluarga, instansi juga membutuhkan pengelolaan rumah tangga.
Subbagian Rumah Tangga yang memberikan layanan tersebut. Dari mulai menyediakan
barang-barang dan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tusi
perkantoran sehari-hari, pelayanan terkait akomodasi dan sarpras
penyelenggaraan rapat maupun kegiatan lainnya, pemeliharaan sampai dengan
pengadaan barang dan / atau jasa. Layanan dilakukan baik yang rutin maupun
sesuai permintaan.
I : Integritas
dalam berpikir, berkata, dan berperilaku. Integritas
merupakan gambaran diri dalam suatu organisasi yang terlihat dari perilaku dan
tindakan sehari-hari. Integritas menunjukkan konsistensi antara ucapan dan
keyakinan yang tercermin dalam perbuatan. Orang yang memiliki integritas, berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara sehingga perilaku dan
tindakannya sesuai dengan apa yang diucapkan. Dalam implementasinya punggawa
Bagian Umum bersikap jujur, tulus, dan dapat dipercaya dalam memberikan
layanan. Selain itu, transparan dan konsisten juga bertanggung jawab atas hasil
kerjanya.
K : Kesempurnaan
dalam upaya perbaikan di segala bidang.
Muara dari pelayanan adalah kepuasan stakeholder. Lalu apa yang bisa
dilakukan untuk mencapai kepuasan itu? Pastinya adalah kesempurnaan dalam
layanan. Bagian Umum dalam memberikan layanannya selalu berusaha memberikan
yang terbaik, dan tidak menutup diri dari yang namanya kritik juga saran. Harapannya
adalah agar tercipta perbaikan dalam segala aspek layanan sehingga kesempurnaan
layanan dapat terwujud. Lalu siapa yang diuntungkan? Utamanya jelas adalah stakeholder.
Meningkatnya kualitas layanan sebanding dengan naiknya tingkat kepuasan pengguna
jasanya.
Saat
ini “DJKN Melayani Lebih Baik”, merupakan representasi dari tekad DJKN untuk
terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sebagaimana diamanatkan Menteri
Keuangan, DJKN dapat terus meningkatkan kepercayaan publik melalui kinerja yang
baik dalam mengoptimalisasi pengelolaan aset negara, menjadi manajer aset yang
andal. Apa yang bisa diambil dari sini? Melakukan tusi dengan sepenuh hati,
sehingga pengguna jasa dapat merasakan kepuasan. Mulailah dari diri sendiri,
lakukan yang terbaik dengan meningkatkan capability yang kita miliki. Upaya
perbaikan di segala bidang untuk meningkatnya kepuasan layanan merupakan muara
dari pelayanan publik yang semakin bertumbuh seiring dengan naiknya kepercayaan
masyarakat. Do the best and lets God do the rest.
Jika
potensi yang kita miliki adalah permata dalam lumpur maka bersinarlah
agar bisa ditemukan. Dan jangan lupa, salah satu tolak ukur keberhasilan
manajemen adalah berusaha menemukan batu berharga itu, memolesnya menjadi lebih
berkilau agar terangnya lebih bisa memukau.
Mengutip apa yang Ibu Sri
Mulyani sampaikan dalam Rakernas DJKN Tahun 2023:
Siang terik minum teh tarik,
Boleh dong pinjam seratus
DJKN melayani
lebih baik,
Boleh dong nilainya seratus
UAPIK, Implementasi pada
Bagian Umum Melayani Lebih Baik: oleh Prima Aprilawati (Bagian Umum Kanwil DJKN
Jawa Timur)