Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Timur > Artikel
UAPIK, Implementasi pada Bagian Umum Melayani Lebih Baik
Deni Atif Hidayat
Kamis, 07 Desember 2023   |   82 kali

Prima Aprilawati (Bagian Umum Kanwil DJKN Jawa Timur)

 

Kalimat kebanggaan segenap warga Kanwil DJKN Jawa Timur ini siapa yang belum pernah mendengarnya? Belum lagi makna dan sejarahnya. Singkat cerita, pembentukan tagline ini dilakukan dengan melibatkan seluruh bagian dan bidang di Kanwil DJKN Jawa Timur; yang mana slogan UAPIK ini muncul dari Bagian Umum meskipun pada akhirnya terdapat penyempurnaan dalam hal akronimnya. Lalu apa hubungannya dengan Bagian Umum? Tentunya lebih dari sekedar kata pastinya.

UAPIK sendiri berasal dari kata apik dalam pelafalan Bahasa Jawa Timuran, yang artinya bagus atau baik-baik. Pada mulanya, kata ini merupakan kata sifat yang berkonotasi positif, yang digunakan sebagai salah satu instrumen oleh segenap pegawai yang melakukan tusi pelayanan dalam menanyakan tingkat kepuasan layanan terhadap stakeholder sebagai upaya peningkatan layanan. Sebagai contoh:

Q: Bagaimana Bapak/Ibu pelayanan kami?

A: Uapik

sehingga akan memberikan kesan yg mendalam dan mudah diingat bagi stakeholder.

UAPIK mempunyai arti dan makna  tersendiri, namun juga membentuk satu kesatuan kalimat dan makna yang dalam.

U   :  Unggul dalam inovasi,

A   :  Amanah dalam mengemban tugas,

P   :  Profesional dalam bekerja,

I     :  Integritas dalam berpikir, berkata, dan berperilaku, serta

K   :  Kesempurnaan dalam upaya perbaikan di segala bidang.

Bagian Umum merupakan penyedia jasa dengan stakeholder internalnya, merupakan rumah bagi seluruh warga Kanwil DJKN Jawa Timur. Seperti seorang ibu dan ayah yang selalu berusaha memenuhi kebutuhan anggota keluarganya, Bagian Umum juga berusaha memberikan yang terbaik bagi semuanya. Dengan memberdayakan apa yang ada dan mengoptimalkan apa yang bisa digapainya.

U   :  Unggul dalam inovasi. Ada apa saja yang baru dan segar dari Bagian Umum? Tersedia aplikasi yang bersifat webbased yang dapat diakses tanpa perlu mengunduh aplikasi. SDM UAPIK Namanya. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memuat basis data pegawai, kompetensi pegawai, KGB, diklat, LHK dan Pajak yang dapat diakses pada bit.ly/SDMUAPIK

A   :  Amanah dalam mengemban tugas. Amanah dapat diartikan dapat dipercaya. Terdiri dari tiga subbagian dengan tusinya masing-masing, Bagian Umum selalu berusaha melaksanakan perannya semaksimal mungkin, memegang kepercayaan yang telah diberikan oleh stakeholder-nya maupun yang teramanatkan selaku bagian dari institusi dengan sebaik-baiknya. Terdengar idealis namun sifat amanah ini teramat sangat dijunjung tinggi bagi yang ingin mewujudkan kesempurnaan dalam pelayanan.

P   :  Profesional dalam bekerja. Profesional dapat diartikan memerlukan keahlian khusus untuk menjalankannya.

Sesuai dengan kebijakan yang berlaku, saat ini pegawai ditempatkan sesuai dengan kompetensinya masing-masing dan diberikan kesempatan untuk mengembangkan skill-nya sesuai dengan kondisi eksisting namun juga diberikan kesempatan untuk memperluas kompetensi dimilikinya. Hal tersebut benar-benar menjadi salah satu fokus Subbagian Sumber Daya Manusia. Ada pun layanan yang diberikan terkait pengelolaan Sumber Daya Manusia, yaitu dalam hal pemberian hak maupun kewajiban-kewajiban pegawai.

Dalam hal pengelolaan anggaran, personel dari Subbagian Keuangan dipastikan mumpuni untuk memberikan layanan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Dengan harapan apa yang dibutuhkan dapat diakomodir dan tercukupi dari sisi anggarannya. Tentunya dengan tetap berada pada koridor aturan yang sesuai, sehingga memastikan pelaksanaan anggaran tepat sasaran, efektif, dan efisien. Hal tersebut dapat dilihat dari Laporan Keuangan yang disusun, dilakukan konsolidasi, dan diaudit secara rutin tiap tahunnya dengan hasil audit Wajar Tanpa Pengecualian dalam beberapa tahun terakhir.

Selayaknya rumah dan keluarga, instansi juga membutuhkan pengelolaan rumah tangga. Subbagian Rumah Tangga yang memberikan layanan tersebut. Dari mulai menyediakan barang-barang dan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tusi perkantoran sehari-hari, pelayanan terkait akomodasi dan sarpras penyelenggaraan rapat maupun kegiatan lainnya, pemeliharaan sampai dengan pengadaan barang dan / atau jasa. Layanan dilakukan baik yang rutin maupun sesuai permintaan.

I     :  Integritas dalam berpikir, berkata, dan berperilaku. Integritas merupakan gambaran diri dalam suatu organisasi yang terlihat dari perilaku dan tindakan sehari-hari. Integritas menunjukkan konsistensi antara ucapan dan keyakinan yang tercermin dalam perbuatan. Orang yang memiliki integritas,  berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara sehingga perilaku dan tindakannya sesuai dengan apa yang diucapkan. Dalam implementasinya punggawa Bagian Umum bersikap jujur, tulus, dan dapat dipercaya dalam memberikan layanan. Selain itu, transparan dan konsisten juga bertanggung jawab atas hasil kerjanya.

K   :  Kesempurnaan dalam upaya perbaikan di segala bidang. Muara dari pelayanan adalah kepuasan stakeholder. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mencapai kepuasan itu? Pastinya adalah kesempurnaan dalam layanan. Bagian Umum dalam memberikan layanannya selalu berusaha memberikan yang terbaik, dan tidak menutup diri dari yang namanya kritik juga saran. Harapannya adalah agar tercipta perbaikan dalam segala aspek layanan sehingga kesempurnaan layanan dapat terwujud. Lalu siapa yang diuntungkan? Utamanya jelas adalah stakeholder. Meningkatnya kualitas layanan sebanding dengan naiknya tingkat kepuasan pengguna jasanya.

Saat ini “DJKN Melayani Lebih Baik”, merupakan representasi dari tekad DJKN untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sebagaimana diamanatkan Menteri Keuangan, DJKN dapat terus meningkatkan kepercayaan publik melalui kinerja yang baik dalam mengoptimalisasi pengelolaan aset negara, menjadi manajer aset yang andal. Apa yang bisa diambil dari sini? Melakukan tusi dengan sepenuh hati, sehingga pengguna jasa dapat merasakan kepuasan. Mulailah dari diri sendiri, lakukan yang terbaik dengan meningkatkan capability yang kita miliki. Upaya perbaikan di segala bidang untuk meningkatnya kepuasan layanan merupakan muara dari pelayanan publik yang semakin bertumbuh seiring dengan naiknya kepercayaan masyarakat. Do the best and lets God do the rest.

Jika potensi yang kita miliki adalah permata dalam lumpur maka bersinarlah agar bisa ditemukan. Dan jangan lupa, salah satu tolak ukur keberhasilan manajemen adalah berusaha menemukan batu berharga itu, memolesnya menjadi lebih berkilau agar terangnya lebih bisa memukau.

Mengutip apa yang Ibu Sri Mulyani sampaikan dalam Rakernas DJKN Tahun 2023:

Siang terik minum teh tarik,

Boleh dong pinjam seratus

DJKN melayani lebih baik,

Boleh dong nilainya seratus

 

UAPIK, Implementasi pada Bagian Umum Melayani Lebih Baik: oleh Prima Aprilawati (Bagian Umum Kanwil DJKN Jawa Timur)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini