Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Banten > Kilas Peristiwa
Sharing Knowledge Kehumasan ; Optimalisasikan Perlengkapan yang Kita Punya
Shabira Afina
Jum'at, 10 Desember 2021   |   263 kali

Serang (09/12)- Subdirektorat Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara melakukan sharing knowledge terkait bidang kehumasan di lingkungan instansi pemerintahan. Kegiatan tersebut digelar di ruang rapat Lantai 2 Kanwil DJKN Banten pada hari Kamis, 09 Agustus 2021.

Sharing knowledge bidang kehumasan tersebut terdiri dari tiga topik utama yang diperlukan dalam menjalin hubungan dengan masyarakat di era komunikasi yang serba digital ini. Salah satu media komunikasi yang dianggap paling efektif dalam menyampaikan kebijakan pemerintah juga menjalin hubungan dengan masyarakat adalah konten kreatif.

Media sosial telah bertransformasi menjadi salah satu media untuk menjalin hubungan dan menciptakan citra instansi pemerintahan kepada masyarakat,” ujar Nuning S.R. Wulandari, Kepala Kanwil DJKN Banten, dalam pembukaan kegiatan sharing knowledge.

Menurut Nuning, dibalik media sosial pemerintahan yang selalu membagikan konten informatif, edukatif, dan kreatif kepada masyarakat yang luas, terdapat pegawai-pegawai penuh dedikasi dan keahlian dalam mengemas berbagai hal dengan penuh kreativitas. Untuk membuat konten kreatif tersebut tentu dibutuhkan ilmu dan kemampuan. Oleh karena itu, Kanwil DJKN Banten meminta bantuan Subdit Humas untuk memberikan pengetahuan terkait pembuatan konten kreatif.

Setelah dibuka langsung oleh Kepala Kanwil DJKN Banten, Direktur Hukum dan Humas, Tri Wahyuningsih Retno Mulyani, juga turut menyampaikan sambutannya terkait capaian kinerja Tim Kehumasan di lingkungan Kanwil DJKN Banten. Menurut Ani (sapaan Direktur Hukum dan Humas-red), kinerja Tim Kehumasan Kanwil DJKN Banten sudah cukup baik dan aktif. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah publikasi konten akun media sosial KPKNL dan Kanwil DJKN Banten.

Dalam membuat konten kreatif dibutuhkan kemampuan dalam menciptakan news photography dan mendesain konten secara sederhana namun impactful. Adapun materi tersebut dibawakan oleh Abah Nanang dan Mas Alief. Selain kedua topik tersebut, Subdit Humas yang diwakili oleh Inez Moimole menyampaikan materi tentang public speaking untuk acara instansi pemerintah.

“Dalam membuat konten kreatif, keterbatasan perlengkapan bukanlah sebuah halangan. Kita dapat mengoptimalisasikan peralatan yang ada,” ujar Abah Nanang dalam sesi sharing session-nya. “Banyak konten-konten media sosial Kantor Pusat yang dihasilkan melalui perlengkapan yang terbatas seperti telephone genggam kita.”

Selama sesi kegiatan, seluruh pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Banten diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan secara langsung dengan ketiga narasumber tersebut.

Pasca kegiatan sharing knowledge tersebut diharapkan seluruh pegawai yang mengikuti kegiatan dapat menyumbangkan konten-konten kreatifnya serta memiliki kemampuan public speaking yang lebih baik.

 

(AFXXX)

            

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini