Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Banten > Berita
Mengantarkan Olahan Gula Aren Banten ke Pasar Global
Wisnu Herjuna
Jum'at, 13 Oktober 2023   |   143 kali

Kanwil DJKN Banten malaksanakan survei sekaligus penjajakan (12/10) terhadap Koperasi Anugerah Aren Banten Nusantara dalam rangka keikutsertaan dalam program desa devisa yang di inisiasi Direktorat Kekayaan Negara Dipisahkan. 

Kunjungan diterima langsung oleh Ketua Koperasi Produksi Anugerah Aren Banten Nusantara, Sanarta. Sanarta sendiri merupakan pemuda asli Desa Pesanggrahan yang mempunyai inisiatif untuk memajukan kesejahteraan warga sekitar dengan memanfaatkan produksi aren yang melimpah di Pandeglang. 

Sanarta menyampaikan bahwa Koperasi Anugerah Aren Banten Nusantara merupakan sebuah koperasi yang memproduksi sekaligus menjual gula aren sebagai kegiatan utamanya.  Sampai  dengan  saat ini koperasi Anugeran  Aren  Banten  Nusantara  sudah 

memiliki anggota sekitar 76 orang yang kebanyakan memang para pelaku produksi gula aren di wilayah desa dan sekitarnya. 

Koperasi Anugerah Aren Banten Nusantara memproduksi beberapa olahan gula aren dalam beberapa jenis produk agar dapat menambahkan nilai jualnya. Produk-produk olahan yang telah dibuat adalah gula aren semut, gula aren cair, gula aren jahe, gula aren temulawak.selain itu olahan gula aren juga diproduksi dalam bentuk serbuk minuman jahe temulawak dan jahe kunyit. 

Hasil olahan gula aren tersebut kemudian dipasarkan dengan nama produk Arenta. Arenta sendiri merupakan kependekan dari Aren Banten Nusantara. Sunarta menuturkan bahwa produknya telah dipasarkan beberapa wilayah di Indonesia diantaranya di Jabodetabek, Pulau Sumatra (Medan, Riau, Lampung),  dan Pulau Jawa (Sidoarjo & Surabaya), Pulau Bali dan Pulau Sulawesi. 

Produk Arenta sendiri juga telah dikenalkan ke negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia melalui agen-agen di daerah Batam 

Secara umum proses bisnis Koperasi Anugerah Aren Banten Raya sudah berjalan dengan baik dan mampu memenuhi permintaan pasar yang telah tercipta. Namun kendala yang sering dihadapi adalah Koperasi Anugerah Aren Banten Raya belum memiliki mesin produksi yang memadai untuk produksi skala besar. Hal ini berdampak pada proses bisnis yang belum mencapai titik efisiensi yang diinginkan. Banyak calon buyer yang menginginkan produk dalam jumlah besar namun belum sesuai dengan harga yang ditawarkan. Hal ini dapat diatasi apabila Koperasi Anugerah Aren Banten Raya dapat mengupgrade mesin produksi sehingga dapat menekan harga pokok produksi ke titik yang paling ekonomis. 

  

  

Hasil olahan gula aren pada Koperasi Anugerah Aren Banten Raya  yang mulai beragam seperti olahan minuman berpengaruh positip juga ke daerah sekitar yakni naiknya permintaan komoditi  seperti  kunyit, temulawak  dan  jahePengolahan  komiditi  tersebut sebelum dicampur dengan gula aren masih dilakukan sendiri oleh Koperasi Anugerah Aren Banten Raya. Baru-baru ini Koperasi Anugerah Aren Banten Raya sudah membuat tempat pengeringan komiditi tersebut dengan menggunakan tenaga listrik dari panel surya. Hal ini dinilai lebih efisien karena sebelumnya proses pengeringan masih menggunakan oven dari bahan bakar gas. 

 

Sanarta menyampaikan untuk menaikan proses produksi tidaklah sulit dikarenakan bahan baku yang tersedia cukup melimpah, hanya saja masih terkendala pada proses produksi yang belum menghasilkan produk dengan harga yang ekonomis 

 

Koperasi Anugerah Aren Banten Raya menyambut baik tawaran untuk mengikuti program desa devisa dari Kanwil DJKN Banten. Apalagi bentuk dukungan yang berikan bisa dalam bentuk bantuan untuk mengupgrade mesin produksi agar dapat lebih efisien dan dapat memenuhi permintaan dalam dan luar negeri. Kanwil DJKN Banten juga memberikan gambaran dan arahan apabila produk gula aren Koperasi Anugerah Aren Banten Raya dapat menembus pasar global. Konsistensi dari sisi kualitas dan kuantitas produk harus terus menjadi perhatian utama. Dalam produksi yang lebih besar kualitas produk harus tetap sama dengan produk yang di buat dengan skala yang lebih kecil. Jaminan dari Koperasi Anugerah Aren Banten Raya bahwa stok produk selalu bisa menutup permintaan yang ada selalu dipertahankan. 

 

Selanjutnya, proposal desa devisa yang dalam hal ini akan diwakili Koperasi Anugerah Aren Banten Raya akan diusulkan ke Direktorat Kekayaan Negara Dipisahkan untuk dilakukan seleksi dan uji kelayakan bisnis. Kanwil DJKN Banten berharap Koperasi Anugerah Aren Banten Raya dapat menjadi pionir desa devisa di wilayah Provinsi Banten. 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Diponegoro No. 9 - 11 Serang - 42112
(0254)210103/08111988084
(0254) 210112
kanwildjknbanten@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini