Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Konsep Single Source Of Truth Data yang handal akan memudahkan pimpinan dalam mengambil keputusan dengan cepat dan valid
Budi Sulistyawan
Selasa, 01 September 2020   |   2181 kali

Kanwil DJKN Banten mengadakan kegiatan webinar bertajuk pengolahan data untuk efektivitas pengelolaan aset dan pengambilan keputusan pimpinan dengan cepat dan valid pada hari Senin tanggal 31 Agustus 2020. Kegiatan ini webinar kali ini merupakan bentuk sinergi dari Kanwil DJKN Banten dan Direktorat PKNSI dalam rangka memperingati HUT RI ke 75 dan untuk membekali para pegawai Kanwil DJKN Banten pada khususnya dan pegawai DJKN pada umumnya dalam mengolah data dan informasi serta melakukan analisis untuk visualisasi laporan.

 

Keynote Speech pada webinar ini yaitu Direktur PKNSI DJKN, Purnama T. Sianturi dan narasumber antara lain Kasubdit PDLO Di. PKNSI, Nikodemus Sigit Rahardjo, Kasubdit PPSA Dit PKNSI, Sunu Subroto dan Dosen Universitas Fakultas Ilmu Komputer, Fariz Darari Ph.D.

 

Acara dibuka dengan sambutan Kepala Kanwil DJKN Banten, Nuning SR. Wulandari dan diikuti oleh 262 peserta dari pegawai DJKN di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Nuning SR Wulandari menyampaikan bahwa melalui pengolahan data melalui konsep Single Source Of Truth Data yang handal akan memudahkan pimpinan dalam mengambil keputusan dengan cepat dan valid

Semakin berkembangnya perumusan kebijakan berbasis data maka diperlukan penguatan kapasitas sumber daya manusia terkait dengan pengolahan data dan visualisasi pelaporan.

 

Tema webinar ini merupakan tindaklanjut dari butir-butir Rakernas DJKN tahun 2020 yang telah dilaksanakan pada 10 - 14 Agustus 2020 dimana salah satu butirnya yaitu implementasi dan aplikasi layanan layanan DJKN melalui integrasi aplikasi yang yang dengan memperhatikan konsep Single Source Of Truth Data.

 

Direktur PKNSI, Purnama T. Sianturi  juga menyampaikan bahwa webinar ini sejalan dengan pengembangan Sistem Layanan Data Kementerian Keuangan (SLDK) yang telah dikembangkan Kementerian Keuangan.

 

Bahwa Sistem Layanan Data Kementerian Keuangan (SLDK) ini dibangun untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel. SLDK direncanakan untuk dapat mengintegrasikan dan mengonsolidasikan data seluruh unit di lingkungan Kemenkeu dan eksternal, sehingga tercipta single source of truth. Data ini dapat dimanfaatkan termasuk dalam pengambilan kebijakan dengan berdasarkan prinsip kerahasiaan, keutuhan, dan ketersediaan. SLDK juga bertujuan untuk mewujudkan Integrated Financial Management Information System (IFMIS).

 

SLDK dapat menjadi backbone New Thinking of Working (NTOW) yang merupakan bentuk perubahan budaya Kemenkeu yang semakin adaptif, berintegritas, agile, dan berbasiskan digital dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara real time dan transparan.

 

Pada sesi pertama dilakukan pemaparan oleh narasumber, Fariz Darari, Ph.D yang merupakan dosen Universitas Indonesia yang masih muda kelahiran tahun 1988, lulusan University of Bolzano, Italy dan Technische Universität Dresden, Germany namun memiliki pengetahuan pengelolaan data yang sangat luas. Penghargaan internasional yang diraihnya cukup banyak antara lain pada tahun 2018 pernah mengikuti SWSA Distinguished Dissertation Award dan beberapa award yang diraihnya dalam webinar ini mengambil tema When Knowledge Graphs Meet Fintech , sedangkan pada sesi kedua Nikodemus Sigit Rahardjo dan Sunu Subroto DJKN  mengambil tema Pengelolaan Data Sebagai Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan. Nikodemus SR dan Sunu Subroto menyampaikan bahwa memberikan pemaparan terkait dengan pengelolaan data yang telah dilakukan oleh DJKN dan Kementerian Keuangan serta menyampaikan perkembangan yang dilakukan Kementerian Keuangan dalam pembangunan Sistem Layanan Data Kementerian Keuangan (SLDK).

 

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB dengan diutup dengan sesi tanya jawab. Beberapa peserta antusias mengajukan pertanyaan baik tentang Knowledge Graphs dan pengelolaan data di DJKN saat ini.

 

Pengelolaan data dan informasi yang baik telah menjadi tuntutan sebagai bahan pengambilan kebijakan organisasi yang strategis, tepat sasaran dan dapat dipertanggung jawabkan.

 

BM/Humas Banten

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini