Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Hampir Rampung, Kementerian PUPR RI Targetkan Peresmian Bendungan Karian Awal Tahun 2024
Mokhamad Irfi Naofal
Selasa, 19 Desember 2023   |   360 kali

Pembangunan Bendungan Karian sudah direncanakan sejak tahun 1980-an dan baru dimulai sejak Oktober 2015 dengan mengeluarkan anggaran Rp1,3 triliun. Anggaran pembangunan yang menggunakan sumber dana APBN ini dimanfaatkan untuk meningkatkan pasokan air bagi lahan pertanian seluas 22.000 hektar di Provinsi Banten yang diharapkan dapat menunjang pasokan air irigasi selain dari Sungai Cidanau, Sungai Ciujung, dan Sungai Cidurian.

Bendungan yang dikerjakan oleh kontraktor Daelim Industrial Co, LTD, PT. Wijaya Karya (Persero), dan PT. Waskita Karya (Persero) ini akan menjadi sumber air baku bagi 5 juta penduduk yang diperkirakan akan menampung 314,7 juta m3 dan luas genangan maksimum sebesar 1,740 hektar yang dimanfaatkan untuk menambah kebutuhan suplesi ke Daerah Irigasi (DI) Ciujung dengan luas 22.000 hektar.

Bendungan Karian menjadi salah satu dari 65 bendungan yang dibangun oleh Kementerian PUPR pada periode 2015-2019 untuk mewujudkan Nawacita terutama mewujudkan kedaulatan pangan dan ketahanan air.

Keberadaan bendungan ini berpotensi sebagai tujuan wisata air di Kabupaten Lebak serta pembangkit energi Listrik sebesar 1,8 megawatt bagi 10.000 kepala keluarga yang berada di 40 desa atau 4 kecamatan di sekitar bendungan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH). Oleh karena itu, Bendungan Karian akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan pendapatan asli daerah dengan menumbukan para pelaku usaha di sekitar bendungan dengan membuka usaha jasa seperti transportasi, penginapan, kuliner, kerajinan, dan lain sebagainya.

Bendungan yang dibangun di Desa Pasirtanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten ini akan menjadi waduk terbesar ketiga setelah  Waduk Jatiluhur dan Waduk Jatigede yang akan menyuplai kebutuhan air untuk kebutuhan rumah tangga, perkotaan dan industri di 9 Kota/Kabupaten di Provinsi Jakarta dan Banten.

Perencanaan bendungan ini juga akan dimanfaatkan sebagai pengendali banjir di wilayah hilir Provinsi Banten, termasuk jalan tol Jakarta-Merak, yang berkapasitas tampungan banjir sebesar 60,8 juta m3. Kemampuan Bendungan Karian ini diharapkan dapat mengurangi luapan banjir Sungai Ciujung hingga 30%. Sebelumnya air Sungai Ciujung pernah meluap membanjiri jalan tol tahun 2014 lalu di Tol Jakarta-Merak.

Bagi Kabupaten Lebak yang berpenduduk 27 juta jiwa itu, keberadaan Bendungan Karian yang strategis dapat menyerap tenaga kerja. Setidaknya dapat mengurangi angka kemiskinan sebanyak 2,17 persen (BPS Banten 2022).

“Kami meyakini Bendungan Karian dapat membangkitkan ekonomi masyarakat sehingga mampu mengatasi kemiskinan dan pengangguran,” kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Pemkab Lebak telah menyediakan lahan seluas 3.000 hektar untuk pengembangan kawasan industri setelah adanya dukungan pasokan air yang cukup besar dari Waduk Karian selain dari daerah aliran sungai Ciliman dan Cidurian.

Kementerian Investasi juga berjanji membawa investor untuk menanamkan modal di Lebak yang nantinya akan bergerak di bidang manufaktur, perikanan, perkebunan dengan karakter industri yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Pembangunan bendungan Waduk Karian yang diresmikan awal tahun 2024 ini telah menenggelamkan puluhan perkampungan di 11 desa di Kecamatan Sajira, Cimarga, Maja dan Rangkasbitung. Saat ini bekas perkampungan yang sudah tenggelam dapat dikunjungi warga dari luar daerah dengan menaiki perahu.

Masyarakat sebelumnya yang bertempat tinggal di Perkampungan Bolang Kecamatan Sajira kini sudah direlokasi ke tempat lain yang lokasinya tidak jauh dengan Waduk Karian. Ratusan kepala keluarga membangun perumahan usai menerima uang pembebasan lahan untuk pembangunan waduk.

 

Penulis : Rizka Maulina - Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jurusan Ilmu Komunikasi

 keterangan :

Foto diambil dari : poskota.co.id (https://poskota.co.id/2023/08/20/telan-anggaran-rp13-triliun-bendungan-karian-di-lebak-bakal-diresmikan-jokowi)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini