Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Banten > Artikel
Rekomendasi Buku yang Wajib Kamu Baca!
Shabira Afina
Selasa, 21 Maret 2023   |   27341 kali

Halo, SobatKaeN! Apakah kamu senang membaca buku? Atau sedang mencari buku untuk kamu baca? 

Membaca buku menjadi aktivitas yang bermanfaat sekaligus menyenangkan. Dengan membaca buku kita bisa memperoleh informasi dan wawasan baru tak jarang sebagian orang menganggap bahwa membaca buku sebagai hiburan. Wajar saja banyak buku yang laris manis di pasaran hingga mendapatkan label best seller. Sampai saat ini masih banyak orang mencari rekomendasi buku best seller untuk dijadikan sebagai bahan bacaan.

Label best seller menjadi daya pikat tambahan bagi para penggemar buku, label tersebut seolah membuktikan bahwa buku tersebut sangat diminati dan mampu memenangkan hati pembaca.

Beberapa judul buku berikut merupakan rekomendasi buku best seller 2022, kamu bisa menambahkan judul buku tersebut sebagai daftar bacaan di tahun ini. Apa saja buku yang wajib kamu baca? Yuk, disimak!

1. Atomic Habits karya James Clear

Atomic Habits tak lepas dari rekomendasi para pembaca, buku karya James Clear ini menjadi buku favorit pembaca buku, maka tak heran buku Atomic Habits selalu muncul sebagai buku rekomendasi yang harus kamu baca. 

Di bukunya, James menuangkan pemikiran dan pandangannya tentang perubahan nyata di kehidupan seseorang berasal dari banyaknya keputusan kecil yang telah kita ambil di masa lalu dan masa sekarang. Beberapa keputusan tersebut dinamakan Atomic Habits.

Buku ini memaparkan panduan cara mengubah hidup melalui kebiasaan-kebiasaan yang terlihat remeh namun apabila dilakukan setiap hari akan berdampak luar biasa bagi kehidupan pembaca. Kebiasaan-kebiasaan yang dimaksud adalah seperti bangun lebih cepat 5 menit atau olahraga pagi yang sejatinya merupakan kebiasaan baik dan dapat membantu menghentikan kebiasaan buruk. Tak hanya itu, James juga memberikan tips and trick sederhana untuk membangun dan mempertahankan kebiasaan baik tersebut. 

Buku Atomic Habits karya James Clear merupakan buku motivasi yang berisikan kiat-kita mengubah hidup melalui kebiasaan-kebiasaan kecil. Selain itu, pada buku ini juga berisikan tentang teori-teori ilmiah serta kumpulan kisah inspiratif para tokoh-tokoh sukses di Indonesia. Mengubah kebiasaan buruk jelas membutuhkan proses yang Panjang. Banyak kendala dan tantangan yang harus dilalui untuk bisa menghapus kebiasaan buruk dan membentuk kebiasaan baik. Apabila kamu sedang mengalami hal serupa, amak buku Atomic Habits menjadi salah satu solusi yang tepat karena banyak sekali panduan dan informasi yang diberikan yang tentunya berguna untuk membuat hidup lebih positif dan bermakna.


2. Educated karya Tara Westover

Buku ini menceritakan kisah sang penulis dari semasa kecil hingga dewasa. Educated karya Tara Westover menjadi salah satu buku yang sering dibaca dan direkomendasikan oleh Maudy Ayunda lho!

Pada buku Educated Tara menceritakan pengalaman psikologis dan kekerasan yang dialaminya secara gambling. Di setiap bab bukunya pembaca dibuat penasaran dengan apa yang dilakukan oleh Tara. Penasaran dengan respons keluarganya saat Tara mengambil keputusan besar dalam hidup, serta bagaimana ia tumbuh menjadi perempuan terdidik setelah melalui proses dan mengalami banyak pengalaman traumatis. 

Salah satu kalimat menarik dari buku ini adalah “Masa lalu adalah hantu, bukan sesuatu yang penting, tidak memiliki pengaruh apa pun. Hanya masa depanlah yang memegang kendali.” (Hlm. 411)

Educated karya Tara ini tidak dipenuhi dengan kata-kata Mutiara ataupun kalimat-kalimat semangat yang membara. Melainkan sang penulis mencoba mengajak pembaca untuk ikut menyelami kehidupan seorang Tara. Membuat kita menyadari betapa luasnya dunia dan menyadarkan kita Kembali bahwa perjuangan hidup yang lebih baik tak selalu mudah namun bukan berarti mustahil dilakukan. Semua kejadian dan pengalaman masa kecil selamanya akan melekat dalam ingatan kita. Bahkan mempengaruhi cara pandang kita terhadap dunia. Meskipun begitu, apa yang kita lakukan saat ini dan yang kita perjuangkan untuk masa depan bisa jauh lebih penting daripada sekadar terbelenggu dengan masa lalu. Educated yang ditulis oleh Tara Westover dapat menjadi salah satu buku yang akan mengubah hidup kita. Kisah memoar yang begitu mendalam dan menghadirkan berbagai sudut pandang baru tentang pendidikan dan pastinya mengenai kehidupan.


3. The Psychology of Money karya Morgan Housel

Ulasan Buku The Psychology of Money Karya Morgan Housel - Lifestyle  Fimela.com

(Foto oleh Fimela.com)

Apakah kamu sedang belajar mengatur keuangan? Buku The Psychology of Money menjadi salah satu rekomendasi buku yang wajib kamu baca. Buku karya Morgan Housel ini tak hanya memberikan self improvement tentang keuangan saja, namun terdapat berbagai cara yang bisa kamu terapkan tentang mengelola keuangan melalui cerita pendek. Terdiri dari 19 cerita pendek, melalui cerita tersebut penulis memberikan pandangannya tentang bagaimana seseorang seharusnya memandang dan menghargai uang. Setiap cerita pendeknya memperlihatkan sudut pandang dari beberapa tokoh dalam memahami uang dan keuangan. Lewat pemikiran tokoh-tokoh yang disalurkan pada buku ini dapat membantu kamu sebagai pembaca untuk menemukan makna dan pandangan tersendiri seputar keuangan.

4. How to Respect Myself karya Yoon Hong Gyun

(Foto oleh Fimela.com)

Buku How to Respect Myself ditulis oleh penulis asal Korea Selatan Bernama Yoon Hong Gyun. Yoon merupakan seorang dokter spesialis kejiwaan, ia menuangkan ilmu pengetahuannya terkait psikologi dan kejiwaan pada buku ini. Sebagai seorang dokter kejiwaan, penulis kerap menerima banyak pasien yang memiliki keluhan tidak percaya diri, insecure dan semacamnya. Melalui buku yang ia tulis, Yoon membagikan pengalaman yang ia alami sebagai seorang dokter.

Dalam buku ini banyak sekali pembahasan tentang bagaimana seseorang bisa meningkatkan rasa percaya dirinya. Penulis menyebutkan bahwa terdapat 24 latihan yang perlu dilakukan. Untuk mempermudah pembaca, Yoon Gyun membagi 24 latihan ke dalam 7 bagian. Dimana setiap bagiannya menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Tiap bagiannya penulis membawa pembaca untuk menemukan langkah demi langkah mulai dari mengenali dirinya sendiri, cara menahan dan mengontrol emosi, mencintai diri sendiri serta meningkatkan rasa percaya diri. How to Respect Myself karya Yoon Hong Gyun dapat menjadi pilihan buku yang wajib kamu miliki untuk meningkatkan rasa percaya diri. Dengan membaca buku ini kamu akan memiliki sudut pandang baru, agar memandang hidup secara berbeda dari sebelumnya, mulai mencintai diri sendiri dengan apa adanya, termasuk ketidaksempurnaan yang ada pada dirimu.

5. Why We Sleep karya Matthew Walker


(Foto Tangkapan Layar pada Youtube Maudy Ayunda)


Buku Why We Sleep menjadi salah satu buku yang cukup sering direkomendasikan salah satunya adalah Maudy Ayunda. Dalam kanal Youtubenya Maudy membedah buku karya Matthew Walker ini, dimana sang penulis melakukan riset tentang tidur. Melalui buku ini kita akan mengetahui jangka pendek atau panjang dari kurangnya waktu tidur dan apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur. Siapa yang sering begadang dan mengganti waktu tidurnya dengan tidur siang? Nyatanya bukan seperti itu cara kerjanya lho!

Dalam bukunya, Matthew Walker menjelaskan penelitian yang dia maupun scientist lain lakukan terhadap tidur. Dengan lihai ia menjelaskan istilah-istilah medis/kedokteran dengan analogi yang sederhana sehingga saat membacanya, pembaca dapat dengan mudah memahami isi buku ini. Selain itu di buku ini, banyak sekali fakta dan hasil studi yang disajikan tentang tidur yang mencengangkan, yang tidak mungkin terbayangkan apabila tidak membacanya.

6. Rumus – Rumus Juara karya Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo

Elex Media Komputindo - Rumus-Rumus Juara, Di Balik Rumus-Rumus Juara karya  Mischka Aoki & Devon Kei Enzo

(Foto oleh Elex Media)

Beberapa tahun terakhir kakak beradik ini ramai menghiasi kanal berita nasional karena mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional di usia muda. Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo berhasil meraih puluhan medali dan memenangkan berbagai olimpiade matematika. 

Tak heran banyak sekali masyarakat yang penasaran dengan latar belakang dan bagaimana caranya meraih seluruh medali yang telah dicapai serta pola asuh sang Ibu dalam merawat Mischka dan Devon. Melalui buku Rumus-Rumus Juara, mereka berdua membagikan kisah perjalanan dan keseharian yang tak banyak orang tahu. Buku ini berisi tentang motivasi dan pengalaman Mischka dan Devon dalam meraih pencapaiannya, tak hanya itu sang Ibu berperan besar sebagai the number one support system dan membagikan rahasianya tentang cara-cara parenting dan tips mendidik mereka berdua.


Nah itu dia beberapa rekomendasi yang bisa kamu baca, gimana menarik bukan? Jadi, buku apa yang menarik perhatianmu?

Penulis: Sri Wildani



Sumber:

Endah Wijayanti. 2022. Review Buku Educated Karya Tara Westover. Retrieved from: https://www.fimela.com/lifestyle/read/4923254/review-buku-educated-karya-tara-westover 

Maudy Ayunda. 2022. Ternyata Kurang Tidur Itu Bahaya. Retrieved from: https://www.youtube.com/watch?v=YGQCaoukOh0

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini