Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Surga Tersembunyi di Provinsi Banten
Mokhamad Irfi Naofal
Kamis, 29 September 2022   |   376 kali

Siapa yang tidak kenal dengan Provinsi Banten? Provinsi yang berada di bagian  ujung barat pulau Jawa ini dulunya merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat, yang sejak tahun 2000 menjadi provinsi tersendiri. Menjadi salah satu sentra industri di  Pulau Jawa, bukan berarti tidak memiliki obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi.  Potensi wisata Banten sangatlah bervariasi. Selain memiliki peninggalan sejarah yang  banyak menyimpan cerita, destinasi wisata alam pada provinsi ini pun tidak perlu  diragukan lagi eksotismenya.  

Salah satu obyek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai  Sawarna. Pantai yang terletak di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi  Banten ini merupakan pantai yang istimewa sebab terdiri dari 7 (tujuh) deretan pantai yang berbeda dan juga gua pinggir pantai, yang di dalamnya terdapat stalaktit dan  stalakmit menakjubkan yang terbentuk secara alami. Deretan pantai yang berada di  Pantai Sawarna antara lain Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang  Teraje, Pantai Karang Bereum, Pantai Teluk Lagon Pari, Pantai Pulo Manuk, dan  Pantai Bukit Cariang. Setiap pantai memiliki daya tariknya masing-masing sehingga 

membuat pengunjung betah untuk berlama-lama berlibur di pantai ini. Keindahannya 

juga tak jarang menarik minat para palancong asal luar negeri untuk sekedar  menikmati deburan ombak dan nuansa senja yang memikat hati.  

Walaupun belum selengkap pantai-pantai lainnya yang sudah terkenal di  Nusantara, Pantai Sawarna telah menyediakan beberapa fasilitas penunjang yang  cukup memadai seperti tempat makan, toilet, dan tempat beristirahat yang  memudahkan pengunjung untuk menikmati waktu libur ataupun akhir pekan bersama  keluarga. Bahkan mereka juga menyediakan pemandu wisata bagi para pengunjung 

agar dapat memperoleh informasi seputar pantai secara akurat dan menemukan  tempat indah tersembunyi di sekitar pantai. Meski tergolong baru, namun ada banyak  kegiatan yang dapat lakukan di Pantai ini. Selain berenang dan menikmati  pemandangan alam seraya berkumpul dengan orang-orang tercinta, Pantai Sawarna  juga menawarkan aktitas watersport yang dapat memicu antusias para pencinta  adrenalin. 

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Pantai Sawarna ada beberapa tips agar  liburanmu menjadi lebih asyik dan berkesan, di antaranya : 

1. Memakai outfit yang kece dan nyaman 

Untuk menunjang aktifitasmu saat berpergian dan agar terlihat lebih menarik saat berlibur di pantai, pastikan kamu mengenakan pakaian yang catchy dan  juga nyaman. Cuaca di pantai dengan matahari yang cukup menyengat,  memakai pakaian berbahan ringan dan mudah menyerap keringat dapat  menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya nyaman, pemilihan warna pakaian juga  perlu diperhatikan. Warna pakaian yang terang dan menarik tentunya dapat  menunjang penampilanmu saat berfoto di depan kamera.  

2. Sunglassess-nya jangan ketinggalan! 

Pergi berlibur ke pantai, pastinya kita sudah siap menghadapi teriknya sinar  matahari yang menyilaukan mata. Untuk itu, kacamata hitam merupakan salah  satu benda wajib yang perlu dibawa. Memakai kacamata hitam dapat  melindungi kita dari sinar UV yang tidak baik untuk kesehatan mata. Tidak  hanya itu, menggunakan kacamata hitam juga sangat berguna saat kamu  hendak menikmati pesona matahari terbit maupun tenggelam.

3. Penuhi asupan cairan dengan minum air kelapa muda. 

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa air kelapa muda menyimpan segudang  manfaat bagi tubuh kita. Salah satunya adalah untuk memenuhi kebutuhan  cairan yang lebih saat pergi berlibur ke pantai dengan cuaca yang panas agar  terhindar dari dehidrasi. Memandangi keindahan laut sambil menikmati air  kelapa muda segar di pinggir pantai merupakan sebuah sensasi  menyenangkan tersendiri. 

4. Bawa kamera agar momen indahmu tak terlupakan 

Ketika momen liburan tiba, pastinya kita tidak mau jika momen indah  terlewatkan begitu saja. Oleh karena itu, siapkan kameramu agar dokumentasi  perjalananmu dapat menjadi kenangan manis yang dapat diingat pada waktu  yang akan datang.  

Sumber Referensi : 

a. Reza Iqbal. (2020). Wisata Pantai Sawarna Banten: Rute, Harga Tiket, dan  Tips buat Kamu. 

(https://www.idntimes.com/travel/destination/reza-iqbal/wisata-pantai sawarna-banten?page=all, diakses 17 Agustus 2022). 

b. Admin. Tips Liburan ke Sawarna, Wajib Baca Sebelum Pergi Liburan Ke  Pantai Sawarna. 

(https://www.sawarna.net/tips.xhtml, diakses 17 Agustus 2022)



Penulis : Yang Zahra

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini