Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tips Membangunkan Anak di Pagi Hari
Shabira Afina
Kamis, 31 Maret 2022   |   4474 kali

Menurut saya membangunkan anak itu punya seni tersendiri. Perlu keahlian khusus. Tujuannya adalah bagaimana cara kita membangunkan anak tidak sampai membuat anak menangis/merengek. Belum lagi masih ada sederetan kegiatan lain di pagi hari yang menyusul untuk dikerjakan. Kalau saja kegiatan ini tidak berjalan mulus bisa jadi semuanya menjadi berantakan dan memperkeruh keadaan (jiaah lebay… hehe). Mandi menjadi telambat, berangkat sekolah menjadi telat. Ujung-ujungnya saya pun harus menanggung resiko telat sampai di kantor.

 

Nah, berikut ini saya mau berbagi tips cara membangunkan anak di pagi hari. Tips-tips ini sudah saya praktekan dan hasilnya cukup memuaskan.

 

Tidur Lebih Awal

 

Untuk bisa sukses membangunkan anak di pagi hari, harus sudah dimulai pada malam harinya. Ajak anak untuk tidur lebih awal. Bicarakan kepada anak apa manfaat tidur lebih awal. Misalnya, tidur kamu jadi lebih lama, jadi paginya kamu tidak mengantuk.

 

Bisikkan Sesuatu

 

Walaupun masih terlihat tidur nyenyak, bisikkan sesuatu langsung di dekat telinganya. Kalau saya, biasanya saya katakan: Kamu sudah bangun belum? Kalau si anak sudah mengangguk, bisa dilanjutkan dengan pembicaraan yang lebih panjang. Yuk, sekolah nak! Katakan juga manfaat bangun bagi. Anakku, kalau kamu bangun lebih pagi, nanti kita bisa berangkat lebih cepat. Nanti kamu bisa jadi nomor satu loh datang ke sekolah. Pokoknya bisikan sesuatu hal yang menyenangkan deh, yang membuat anak-anak bersemangat untuk segera bangun. Usahakan jangan mengancam, misalnya: Ayo bangun nak, kalau kamu telat, nanti di marahin guru loh. Seperti itu lah.

 

Sentuh Badannya

 

Sambil membisikkan sesuatu, kita bisa menyentuh badannya. Bisa dengan mencium pipinya, mengusap kepalanya, atau sedikit menggoyang-goyangkan badannya.

 

Sabar, Lakukan Berulang-Ulang

 

Nah ini tips terakhir dari saya. SAAAABAARRR… Ya, kita harus bersabar, karena pada kenyataannya tidak segampang itu. Butuh pengulangan-pengulangan. Lakukan terus, terus, dan terus. Insya Allah karena sering diulang-ulang dengan cara yang menyenangkan, akan tertanam di dalam alam bawah sadar si anak, sehingga kedepannya akan lebih mudah untuk dibangunkan.

 

Tips Tambahan

 

Tips tambahan nih. Tapi ini harus sudah dikomunikasikan sebelumnya ke anak pada malam harinya. Misalnya: Nak, boleh ayah mencipratkan air sedikit ke muka kamu untuk membangunkan kamu besok pagi? Kalau dia setuju dan mengizinkan, kita bisa melakukannya di pagi hari. Ingat! Harus dengan persetujuan si anak ya…

 

Itu sedikit tips dari saya. Untuk para parents yang membaca tulisan ini, biasanya apa yang dilakukan? 

 

 

Penulis : Octa Dwi Nanda

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini