Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
Pemerintah Minta Pertamina Bangun Kilang Minyak Senilai 90 Triliun

 Selasa, 02 April 2013 pukul 10:12:22   |   334 kali

JAKARTA - Minimnya kilang minyak di Indonesia membuat Pemerintah dengan menggandeng Pertamina akan membangun kilang pengolahan minyak yang dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Pemerintah telah menganggarkan dana awal senilai Rp250 miliar untuk mematangkan konsep pembangunan kilang tersebut, yang dijadwalkan rampung pada tahun 2018 mendatang. Pemerintah diminta untuk membangun disainnya secara rinci" Kata Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Edy Hermantoro, di Jakarta.

"Pertamina, akan membangun tempat pengolahan minyak mentah untuk menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM). Hal itu dilakukan dalam rangka menekan angka impor BBM yang terus meningkat sebagai dampak dari minimnya jumlah kilang yang ada di Indonesia" lanjutnya, seperti dilansir laman depkeu.

"Penunjukan Pertamina dilakukan dengan skema Penyertaan Modal Negara (PMN)" katanya

"Seperti kita ketahui, Pertamina pasti sudah punya kompetensi. dan Pertamina juga sudah memiliki pengalaman menentukan jenis kilang dan jenis BBM apa yang akan diproduksi,  jadi nanti tinggal kita kolaborasi dan kita danai dengan APBN,"  ungkapnya baru-baru ini.

Untuk mempercepat pembangunan kilang yang mendatangkan sumber minyak dari Irak itu, dalam rangka pembangunan proyek yang menelan total anggaran Rp90 triliun, maka pemerintah bersama dengan Pertamina akan membentuk tim khusus (satuan kerja/ task force), untuk kemudian melakukan studi kelayakan (feasibility studies/FS).

"Saat ini masih berjalan. Progresnya kan harus bikin FS dulu oleh Pertamina, habis FS terus FEED-nya (Front-End Engineering Design/ FEED) Pertamina akan melakukan studi kelayakan dan dilanjutkan pembuatan disain secara rinci," jelasnya.

Pembangunan kilang dengan dana APBN sudah diwacanakan Pemerintah sejak 2012. Sesuai rencana, pengembangan pekerjaan konstruksi kilang seharusnya dilakukan di 2015 hingga 2016 nanti.

 Terdapat dua opsi daerah yang akan dijadikan tempat kilang, yakni Plaju-Sungai Gerong dan Katimpa Bengkok, Sumatera Selatan.  Terkait pembangunan dua kilang lainnya dengan dana Pertamina, ia menegaskan pembahasan insentif yang akan diberikan ke investor masih terus dibahas Kementerian Keuangan. (c8/lik)

Sumber: http://wartapedia.com/bisnis/korporasi/10975-pemerintah-minta-pertamina-bangun-kilang-minyak-senilai-90-triliun.html

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini