Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
Barang Pemkab Tulungagung Bakal Dilelang, Termasuk 283 Kendaraan, Pembeli Bisa Lelang Lewat KPKNL
tribunnews, 15 Februari 2023
 Rabu, 15 Februari 2023 pukul 16:52:07   |   1865 kali

TRIBUNJATIM.COM, TULUNGAGUNG - Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tulungagung tengah mendata aset yang akan dihapuskan di tahun 2023.


Aset yang akan dihapuskan adalah barang inventaris dari belanja modal di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kendaraan bermotor.

Total ada 2.750 jenis barang yang akan dihapuskan melalui lelang dari semua OPD di Pemkab Tulungagung. “Kami sudah sampaikan ke semua OPD tentang rencana penghapusan aset di tahun 2023 ini,” terang Kepala BPKAD Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro. Di antara aset yang akan dihapus adalah 283 kendaraan bermotor berbagai jenis.


Rinciannya sepeda motor sebanyak 249 unit, kendaraan roda 3 merek Bemo sebanyak 4 unit dan mobil sebanyak 30 unit.

Saat ini petugas BPKAD masih melakukan penilaian aset gelombang kedua. “Yang gelombang pertama sudah kami laksanakan. Nanti sampai tiga gelombang untuk proses penilaiannya,” sambung Galih.


Diakui Galih, untuk kendaraan yang akan dilelang rata-rata dalam kondisi rusak. Jika tidak rusak, biaya perawatannya di atas nilai ekonomis barang. Karena itu tidak semua barang nantinya dilelang per unit, ada juga yang dilelang kiloan.

“Misalnya kendaraan yang rusak berat, tinggal rangka dan mesinnya, kami lelang kiloan. Tidak mungkin kami jual dalam satu unit,” katanya.


Seluruh lelang akan dilakukan secara daring (online) lewat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Calon pembeli bisa ikut lelang lewat sistem KPKNL. Mereka bisa mengajukan penawaran langsung lewat aplikasi.


“Paketnya akan disampaikan lewat KPKNL, para calon pembeli silakan menawar di sana. Jadi tidak bisa menawar offline,” tegas Galih. Seluruh barang yang akan dilelang nantinya akan disimpan sementara di Ruko Belga di Jalan Agus Salim Tulungagung. Sejumlah barang dari beberapa OPD sudah dimasukkan ke dalam ruko. Nantinya para pemenang lelang juga akan mengambil barangnya di Ruko Belga.

 

 

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini