Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
Gebyar Lelang Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada KPKNL Ambon
malukuexpres.com, 21 Maret 2022
 Selasa, 22 Maret 2022 pukul 15:06:32   |   337 kali

Malukuexpress.com, Dalam rangka kegiatan “114 Tahun Lelang Indonesia” yang dilaksanakan mulai bulan Februari 2022, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan akan melaksanakan Gebyar Lelang Produk UMKM Tahun 2022.

DJKN bersinergi dengan Perbankan dan instansi terkait dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat serta Insan Lelang Indonesia melalui kegiatan Gebyar Lelang Produk UMKM Tahun 2022.


Kegiatan ini diharapkan dapat menggerakkan UMKM binaan di daerah agar dapat memanfaatkan platform www.lelang.go.id untuk penjualan produk UMKM-nya melalui KPKNL setempat.


Lelang Produk UMKM Tahun 2022 dilaksanakan serentak secara Nasional pada tanggal 24 Maret 2022 dengan turut melibatkan UMKM binaan perbankan dan instansi terkait dalam wilayah kerja KPKNL setempat.


KPKNL Ambon sebagai salah satu kantor vertikal DJKN yang berlokasi di Wilayah Maluku turut serta memeriahkan Kegiatan Gebyar Lelang UMKM dengan melaksanakan lelang produk UMKM Maluku khususnya Ambon dengan objek lelang tersebut adalah produk dari UMKM binaan perbankan dan instansi terkait di wilayah Ambon.


Pada pelaksanaan Gebyar Lelang UMKM tanggal 24 Maret 2022, KPKNL Ambon menjadi salah satu Kantor Pelayanan di DJKN yang mendapatkan kesempatan dikunjungi oleh Bapak Rionald Silaban (Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan) secara virtual untuk melihat kegiatan lelang UMKM di KPKNL Ambon, sehingga diharapkan Produk UMKM juga dapat lebih dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia khususnya yang menyaksikan acara Gebyar Lelang UMKM Tahun 2022.


Hal tersebut juga didukung oleh pelaku UMKM di wilayah Maluku khususnya Ambon menyambut baik acara Lelang UMKM yang dilakukan oleh KPKNL Ambon, sehingga terdapat beberapa UMKM yang turut serta melakukan penjualan produk nya melalui kegiatan Lelang UMKM ini. Ditambah dengan pelaksanaan lelang sudah melalui internet yaitu di laman www.lelang.go.id yang semakin memudahkan masyarakat untuk mengikuti lelang.


Berbagai produk UMKM dilelang pada kegiatan Lelang UMKM KPKNL Ambon tahun 2022 yang tentunya merupakan produk ciri khas dari Wilayah Maluku sehingga Lelang UMKM KPKNL Ambon tahun 2022 memiliki slogan “Nikmati Citarasa Maluku Yang Tak Terlupakan”.

Produk UMKM yang di lelang tersebut diantaranya yaitu Sambal Cakalang, Sambal Roa, Sambal Ikan Teri, Sambal Ikan Asin, Rujak Natsepa, Abon Ikan Cakalang, Dendeng Ikan Cakalang, Kayu Manis Bubuk Maluku, Kayu Manis Batang Maluku, Hiasan Lukisan Dinding dari Kerang yang dijual dengan berbagai bentuk dan ukuran, Kain Tenun Ambon yang dijual dalam bentuk Lembaran Kain, Selendang, Dasi dan Tas, Berbagai Perhiasan Besi Putih khas Maluku, dan berbagai macam kerajinan tangan khas Ambon yang terbuat dari daun lontar, batok kelapa, pelepah kelapa, biji-bijian kering dan sebagainya.


Kegiatan Gebyar Lelang UMKM Tahun 2022 khususnya lelang UMKM KPKNL Ambon tentunya mempunyai tujuan untuk bersama-sama memulihkan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia khusus nya UMKM yang terdampak pandemi. Kegiatan tersebut yang merupakan rangkaian dari kegiatan 114 Tahun Lelang Indonesia memiliki slogan “Pulih dan Bangkit Bersama Lelang Indonesia”.

Sehingga diharapkan Gebyar Lelang UMKM menjadi salah satu upaya dari pemerintah untuk melakukan perbaikan ekonomi Nasional.


Diharapkan pula khusus nya UMKM yang ada wilayah Maluku terutama Ambon, dapat lebih dikenal produk nya di seluruh masyarakat Indonesia sehingga penjualan diharapkan akan meningkat dan kegiatan ekonominya membaik.


Selain itu, kegiatan lelang juga memberikan kontribusi kepada negara berupa bea lelang dengan nilai bea lelang penjual sebesar 1,5 persen dari harga lelang dan bea lelang pembeli sebesar 2 persen dari harga lelang. Bea lelang ini sepenuhnya akan disetor ke Kas Negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), yang nantinya akan digunakan untuk mendukung pembangunan negeri kita tercinta ini.


Kepala KPKNL Ambon, Iwan Victor Leonardo Sitindaon, menyambut gembira kegiatan gebyar lelang UMKM tersebut, dan berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat Maluku untuk bersama-sama bersinergi membangkitkan pelaku UMKM sebagai bentuk pemulihan ekonomi nasional melalui Lelang Indonesia.


Selanjutnya, Iwan juga memohon dukungan agar KPKNL Ambon dapat meraih predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di tahun 2022. (*)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini