Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
Tertinggi Sepanjang Sejarah, Lelang DJKN Capai Rp35,16 Triliun
https://www.merdeka.com/uang/tertinggi-sepanjang-sejarah-lelang-djkn-capai-rp3516-triliun.html
 Rabu, 23 Februari 2022 pukul 16:32:10   |   532 kali

Merdeka.com - Hasil lelang sepanjang tahun 2021 yang dilakukan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan menjadi yang terbesar sepanjang sejarah. Tahun 2021 DJKN berhasil membukukan hasil lelang sebanyak Rp 35,16 triliun.

"Sepanjang 114 tahun, ini hasil lelang yang terbesar yang pernah dicapai," kata Direktur Lelang, DKJN, Kementerian Keuangan Joko Prihanto dalam Bincang Barng DJKN, Jakarta, Jumat (18/2).

Joko mengatakan sejak tahun 2016, hasil lelang mengalami tren yang positif. Setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Bahkan hasil lelang di tahun 2020, ketika awal terjadinya pandemi hanya sedikit mengalami penurunan. Dari Rp 27,03 triliun pada tahun 2019, menjadi Rp 26,20 triliun di tahun 2020.

"Artinya, kalau ada tren pertumbuhan yang meningkat, PNBP juga akan meningkat dan tahun ini menjadi yang luar biasa sepanjang 114 tahun," kata dia.

Berdasarkan data DJKN, Kementerian Keuangan, pokok lelang yang didapatkan dari hasil lelang selama pandemi masih di atas Rp 25 triliun per tahunnya. Joko menilai sistem lelang yang memiliki ciri khas masih diminati masyarakat meski perekonomian mengalami perlambatan.

Apalagi sejak tahun 2014, sistem lelang sudah mulai dilakukan secara online. Joko mengatakan sistem lelang ini ada 2 macam, close bidding dan open bidding. Lelang dengan sistem close bidding membuat penawar tidak bisa harga yang ditawarkan penawar lain. Sebaliknya open bidding memungkinkan penawar mengetahui harga yang ditawar penawar lain.

Sehingga harga jual barang yang dilelang biasanya terjual di atas harga yang ditawarkan. Misalnya beberapa waktu lalu ada lelang sebuah mobil land rover langka yang dibuka dengan harga Rp 400 juta. Lewat sistem lelang ini, mobil tersebut bisa terjual Rp 700 juta.

"Jadi kalau lelang ini ada kenaikan harga yang tinggi," kata dia.

Terlebih saat ini DJKN telah memiliki platform dan aplikasi khusus. Sehingga memudahkan masyarakat untuk ikut lelang barang dengan aman, nyaman dan objektif. "Lelang sekarang juga mudah, aman dan objektif. Beli dari lelang juga bisa cepat, aman dan ada pengembangnya. Saat ini hampir 500 ribu kunjungan per hari ke lelang.go.id," kata dia. [azz]

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini