Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
Dukung Presidensi G20, KPKNL Mataram Lelang Produk UMKM di Mandalika
lombokpost.com, 9 Februari 2022
 Kamis, 10 Februari 2022 pukul 08:19:14   |   253 kali

MANDALIKA-Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram mengadakan Lelang Amal Produk UMKM Lombok, Rabu (9/2). Kegiatan yang digelar secara hybrid di observation deck Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, itu untuk mendukung agenda Presidensi G20 Indonesia dan peringatan 114 tahun Lelang Indonesia. “Acara ini kami kemas juga dengan fashion show untuk mempromosikan produk-produk UMKM Lombok di tempat yang iconik ini,” kata Kepala KPKNL Mataram Catur Andrianto dalam pengantarnya.


Kegiatan ini diikuti enam wirausaha wanita dan pemuda di Lombok. Hasil yang diperoleh merupakan nilai penawaran tertinggi dari setiap produk yang dilelang. Dimana UMKM akan mendapat hasil sesuai nilai limit yang telah ditentukan. Sementara selisih dari nilai penawaran dengan nilai limit atau nilai minimal akan disumbangkan untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat di wilayah NTB.

“Jadi lelang amal ini juga untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional,” kata Catur.


Hadir langsung di lokasi untuk mengikuti lelang Ketua TP PKK NTB yang juga Ketua Dekranasda NTB Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah dan jajaran ibu-ibu Forkopimda NTB, direktur Lelang DJKN, Kepala Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara, ketua Perwakem NTB, pimpinan Bank Mandiri dan beberapa perwakilan dari kementerian/lembaga yang ada di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Lelang juga diikuti secara virtual oleh peserta dari berbagai lokasi di Indonesia yang disiarkan secara langsung melalui akun Youtube Kementerian Keuangan.


“Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong semangat semua pihak, tidak hanya terbatas pada masyarakat NTB namun juga para pihak yang terlibat pada event-event internasional di Sirkuit Mandalika, untuk turut mendukung mengembangkan UMKM dan perekonomian di wilayah NTB,” kata Catur.


Dalam lelang ini ada 26 lot barang yang terjual. Artinya semua barang yang dilelang laku. Harga jual lelang yang terbentuk terjadi kenaikan 519,77 persen dari nilai limit. Persentase penawaran tertinggi dilakukan Ny Irna Djoko Poerwanto yaitu sebesar 2.471 persen dari nilai limit.


Sebelumnya, Dirjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Rionald Silaban menyampaikan, sejak awal pandemi, pihaknya telah turut berperan serta dalam program pemulihan ekonomi nasional dengan mendorong sektor UMKM memanfaatkan platform digital untuk memasarkan dan menjual produk-produknya melalui platform lelang.go.id. “Sejalan dengan agenda Presidensi G20 Indonesia, DJKN berharap peran teknologi digital melalui platform lelang.go.id dapat mendorong produktivitas, mendukung ekonomi, keuangan inklusif dan meningkatkan akses bagi UMKM yang belum terjangkau layanan keuangan secara maksimal serta mengoptimalkan jangkauan pemasaran produk UMKM,” paparnya. (*/r1)

Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini