Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
Asset Eks Pertamina Dipinjam Pakaikan
sumeks.co, 12 November 2020
 Jum'at, 13 November 2020 pukul 21:03:17   |   201 kali

PALI – Lapangan Gelora 10 November yang berada di dalam Komplek Pertamina (Komperta) Pendopo, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Ilir (PALI) akhirnya diserahkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI meski sebatas pinjam pakai.

Serah terima pinjam pakai lapangan gelora 10 November dilakukan, oleh Purnama T Sianturi, Direktur Kekayaan Negara dan Sistem Informasi Direktorat Jendral Kekayaan Negara Kementerian Keuangan RI, yang diterima Plt Bupati PALI Ferdian Andreas Lacony disaksikan Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, Kamis (12/11).

Dikatakan Purnama T Sianturi, bahwa serah terima pinjam pakai Barang Milik Negara (BMN) dari aset eks Pertamina berdasarkan surat persetujuan Menteri Keuangan tertanggal 13 mei 2020.

“Dan sebagai tindak lanjut dari surat persetujuan Menkeu, kita lakukan penandatanganan kerja sama dengan pemerintah PALI. Adapun BMN yang saat ini akan dipinjam pakaikan adalah lapangan Gelora beserta tribun, gedung sanggar pramuka, gedung Kesenian dan Pesos,” terangnya.

Penyerahan pinjam pakai BMN itu  diharapkan akan berdampak langsung kepada masyarakat, baik secara sosial dan ekonomi. “Dampak sosialnya, tersedianya fasilitas olahraga untuk masyarakat. Dampak ekonomi menciptakan peluang usaha bagi masyarakat dan akan memberikan dampak ekonomi lainnya berupa penghematan APBD PALI dalam menyewa gedung olahraga atau lainnya. Selain pinjam pakai, BMN ini juga tebuka untuk hibah dari Pertamina ke Pemkab PALI,” terangnya.

Sementara itu, Plt Bupati PALI Ferdian Andreas Lacony SKom MM menyebut, bahwa masyarakat Kabupaten PALI telah lama menunggu lapangan gelora 10 November diserahterimakan.

“Setelah sekian lama menunggu akhirnya serah terima pinjam pakai ini terlaksana hari ini. Tapi tadi ibu Purnama T Sianturi menyebut pinjam pakai ini bisa dilanjutkan jadi hibah. Untuk itu, surat permohonan hibah hari ini juga akan kita ajukan. Kami tidak menunggu waktu lama, seandainya besok diserahkan menjadi hibah kami siap menerima,” katanya.

Bupati juga berharap dengan diserahkannya GOR serta aset eks Pertamina lainnya bisa bermanfaat bagi masyarakat. “Mudah-mudahan penyerahan GOR ini menjadi cahaya perkembangan olahraga di PALI dan menjadi tonggak berkembangnya ekonomi di Bumi Serepat Serasan agar kita bisa berlari dengan cepat untuk sejajar dengan daerah lainnya,” harapnya.

Setelah serah terima pinjam pakai eks asset Pertamina, Gubernur Sumsel Herman Deru langsung melakukan peletakan batu pertama renovasi lapangan gelora 10 November. “Kami harapkan, lapangan gelora 10 November ini menjadi ikon PALI dan akan melahirkan atlit-atlit handal di sini,” tambahnya. (ebi)

Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini