Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Efektivitas Peer Review Dan Jaminan Kualitas Laporan Penilaian Kanwil XVI DJKN Manado
N/a
Selasa, 17 April 2012 pukul 12:51:41   |   555 kali

Manado-Kualitas Jaminan Laporan yang handal adalah bukti nyata penerapan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan dalam aspek Penilaian, oleh karena itu Bidang Penilaian Kanwil XVI DJKN Manado mengadakan Peer Review atas Rancangan Laporan Penilaian Pemanfaatan Sebagian Tanah yang dikuasai oleh Satuan Kerja Oditurat Militer III-17 Manado. Acara yang berlangsung di Ruang Rapat Kanwil XVI DJKN Manado pada tanggal 9 April 2012 ini berlangsung hangat. Peer review yang sedianya hanya memastikan bahwa Laporan Penilaian sudah memenuhi standar administrasi laporan penilaian yang disyaratkan serta memenuhi standar penerapan prosedur dan metodologi penilaian yang berlaku, berkembang meluas menjadi sarana diskusi untuk dapat melaksanakan penilaian yang cepat, tepat, efektif, efisien sekaligus memenuhi Standard Operating Procedure (SOP) pembuatan laporan penilaian. Acara yang dipimpin langsung Kepala Bidang Penilaian Ya’kub, memunculkan sebuah ide menarik tentang rancangan tahapan SOP pembuatan Laporan Penilaian, evaluasi tingkat kesulitan, dan evaluasi Kinerja Tim Penilai, yang diwacanakan dalam sebuah tabel sederhana sebagai berikut :

*Tingkat Kesulitan laporan menjadi suatu hal yang sangat subjektif, namun setidaknya dapat digolongkan menjadi beberapa kriteria seperti jumlah objek penilaian, jumlah laporan, ketersediaan informasi pembanding, kelengkapan data objek penilaian, kemudahan mencapai lokasi dan sebagainya.

Komite Penilai dalam acara ini juga “menggugat” urgensi Peer Review. Sesuai S-238/KN.6/2011 Tanggal 21 Juli 2011 tentang Pembentukan Komite Penilai disebutkan bahwa Rekomendasi yang diberikan Komite Penilai bersifat tidak mengikat bagi Tim Penilai. Pada satu sisi, hal ini menunjukkan independensi Tim Penilai namun di sisi yang lain membuat kesan bahwa kegiatan Peer Review ini menjadi instrumen yang kurang bermanfaat. Secara keseluruhan acara Peer Review ini memberikan masukan-masukan dan perbaikan yang sangat berharga bagi tim Penilai dalam rancangan Laporan Penilai yang dibuat, akan tetapi tindak lanjut perbaikan dikembalikan dan menjadi tanggung jawab sepenuhnya tim penilai yang bersangkutan.

Di Akhir acara Peer Review juga disampaikan sebuah aplikasi sederhana berbasis Microsoft Acces yang berfungsi sebagai database elektronik untuk menyimpan dan mengarsipkan peraturan, buku, presentasi berbentuk soft file sehingga memudahkan tim penilai untuk mengakses peraturan-peraturan yang semakin banyak. Aplikasi tersebut menjadi lebih terasa berguna karena terintegrasi dengan jaringan LAN yang ada di Kanwil XVI DJKN Manado sehingga bisa diakses secara massal. Mengingat besarnya manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan aplikasi tersebut, Kanwi XVI DJKN Manado bersedia membagikan aplikasi dimaksud kepada rekan-rekan sesama di kantor operasional. Bagi yang berminat dapat menghubungi via email melalui kanwil16djkn.manado@gmail.com. (YG-Bidang Penilaian Kanwil XVI DJKN Manado)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini