Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Palu Turut Serta dalam Kegiatan Internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan
N/a
Senin, 21 Mei 2012 pukul 08:33:55   |   746 kali

Palu – Sabtu 5 Mei 2012, bertempat di Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai Tipe B Pantoloan, Palu, Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Tengah menyelenggarakan kegiatan Internalisasi Nilai-nilai Kementerian Keuangan. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Keuangan dengan instansi vertikal Kementerian Keuangan yang tergabung dalam Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Tengah. Adapun peserta dalam kegiatan ini yaitu para pegawai dari KPP Pratama Palu, KPKNL Palu, KPPBC Tipe B Pantoloan, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah, dan KPPN Palu. Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah dan Kepala Biro SDM Kementerian Keuangan, Juni Hastoto.

 Acara dimulai tepat pada pukul 07.00 WITA dengan kegiatan senam pagi, yang kemudian dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama. Ada hal yang menarik pada saat sarapan pagi ini, yang melayani para peserta pada saat mengambilkan makanan dan lauk-pauknya adalah para pejabat termasuk Kakanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tengah dan Juni Hastoto, Kepala Biro SDM Kementerian Keuangan, sedangkan yang dilayani adalah para pegawai dan staf pelaksana di bawahnya. Hal ini mengandung arti bahwa sebagai pejabat negara memang harus melayani masyarakat, bukan untuk dilayani oleh masyarakat. Dengan semangat dan gembira para pejabat Kementerian Keuangan melayani para peserta. Ada pejabat yang mengambilkan nasi goreng, opor ayam, bubur ayam, nasi campur, ubi, pisang rebus, dan jagung rebus. Semua menyatu bersama tanpa memandang status, pangkat, dan kedudukan untuk bersinergi membangun kebersamaan mengimplementasikan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan.        

    

Setelah sarapan pagi, para peserta berkumpul dengan dipimpin oleh kepala unit kerja masing-masing. Pada saat peserta pada masing-masing unit kerja berjalan untuk berkumpul di tempat acara, diwajibkan untuk berjoget atau menari sesuai irama lagu yang diputar oleh panitia, baik dangdut, pop, campursari, maupun jaipong. Setelah berkumpul, masing-masing unit kerja dipimpin oleh kepala unit masing-masing maju menghadap Kakanwil DJPb dan Kepala Biro SDM untuk melaporkan kesiapan unit kerjanya untuk melaksanakan nilai-nilai Kementerian Keuangan dan selanjutnya berfoto bersama. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Kakanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tengah dan pengarahan tentang nilai-nilai Kementerian Keuangan oleh Kepala Biro SDM Kementerian Keuangan, Juni Hastoto. Dalam pengarahannya, Juni Hastoto menyatakan bahwa pada awalnya masing-masing eselon I Kementerian Keuangan mempunyai nilai-nilai (core value) yang berbeda-beda, kemudian pada bulan Juli 2011 semua pimpinan eselon I berkumpul untuk merumuskan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan. Pembahasan dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB s.d. pukul 01.00 WIB keesokan harinya, dan akhirnya disepakati dan dideklarasikan 5 (lima) Nilai-Nilai Kementerian Keuangan, yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan, untuk menggantikan core value masing-masing eselon I sehingga semua eselon I di Kementerian Keuangan mempunyai nilai-nilai Kementerian Keuangan yang sama dan melebur menjadi satu. Lebih lanjut Juni Hastoto menyatakan bahwa pelaksanaan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan sebagai kelanjutan program reformasi birokrasi yang dilakukan sejak 2007. Reformasi birokrasi menuntut perubahan di segala aspek menuju ke arah yang lebih baik sehingga diperlukan perubahan pola pikir dan perilaku yang pada awalnya harus dipaksakan, kemudian karena terpaksa maka menjadi bisa dan selanjutnya terbiasa, setelah menjadi terbiasa maka akan menjadi karakter, seperti halnya pada penerapan absen sidik jari (finger print). Setelah reformasi birokrasi, maka kepada setiap pegawai Kementerian Keuangan dilakukan penilaian 360 derajat, yaitu penilaian oleh para pihak layaknya sebuah lingkaran dengan lingkaran sebagai para pihak penilai, dan kita sebagai objek penilaian berada di pusat lingkaran. Oleh karena kita di pusat lingkaran, maka akan dilakukan penilaian dari atas, samping kanan kiri, dan bawah. Dari arah atas ada penilaian dari atasan yaitu evaluasi kinerja, dari arah samping kanan kiri ada teman kerja sesama pegawai dan stakeholder (pemangku kepentingan), sedangkan dari bawah ada penilaian dari bawahan, office boy, satpam, maupun pegawai honorer.      

 Setelah pengarahan dari Kepala Biro SDM Kementerian Keuangan selesai, acara dilanjutkan dengan aksi performance (adegan) yang mencerminkan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan. Semua peserta berbaur lintas unit kerja berdasarkan 5 (lima) kelompok yang dibagi berdasarkan warna pita. Masing-masing warna pita mencerminkan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan. Kelompok Integritas menyajikan adegan drama yang diperankan oleh pegawai KPP Pratama Palu, yang menunjukkan pegawai yang tidak mau berkongkalikong dan tidak bisa disuap oleh Wajip Pajak maupun Konsultan Pajak. Kelompok Profesionalisme menyajikan adegan drama prosedur pelayanan SP2D secara profesional. Kelompok Sinergi mempertunjukan performance memindahkan ember berisi air ke penampungan dengan menggunakan tali. Kelompok Pelayanan beradegan drama yang mencerminkan pelayanan di Customer Service. Sedangkan kelompok terakhir, Kelompok Kesempurnaan menyajikan drama yang menunjukan upaya memberikan pelayanan ke arah perbaikan menuju sempurna dari setiap kekurangan yang ada dalam pelayanan.

 Menjelang penutupan, dilakukan penandatanganan deklarasi kesiapan masing-masing unit kerja untuk melaksanakan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan. Acara diakhiri pada pukul 13.00 WITA dengan makan siang bersama, dan setelah makan siang para peserta berkeliling seputar pelabuhan menggunakan kapal patroli bea cukai. (Sumarno, Kasi PKN KPKNL Palu)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini