Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Public Speaking - Bekal Untuk Menjadi Seorang Pemimpin
N/a
Jum'at, 22 Februari 2013 pukul 08:39:15   |   4582 kali

 Makassar - Tidak henti-hentinya Thaufik, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) XV Makassar mengajak peserta diklat agar belajar dan belajar untuk mengasah keterampilan sehingga dapat menjadi sumber daya manusia yang handal, demikian yang dikemukakan pada pembukaan Diklat Public Speaking for Professional Leaders yang dilaksanakan pada 11 s.d. 15 Februari 2013. Bertempat di Balai Diklat Keuangan (BDK) Makassar, peserta diklat sebanyak 31 orang berasal dari semua unit kerja Kementerian Keuangan di wilayah Indonesia bagian Timur.

Suatu hal yang menarik pada diklat tersebut adalah pemberian teori yang jumlahnya hanya 30% dari jam latihan dan praktek sebesar 70% dari jam latihan keseluruhan. Meskipun demikian peserta tetap antusias mengikuti pelatihan Public Speaking for Professional Leaders tersebut.

Public Speaking dan Leadership pada dasarnya memiliki persamaan yaitu sama-sama mempengaruhi orang lain. Public speaking, merupakan seni berbicara dihadapan umum, baik itu skala kecil seperti keluarga hingga skala besar seperti pada organisasi dalam rangka menyampaikan informasi dan gagasan untuk memperoleh kepercayaan dan dukungan dari orang lain.

Pemberi materi adalah widyaiswara dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Magelang, Maryanto, Egrita Buntara, dan Anton Suharyanto memberikan pembekalan mengenai bagaimana menjadi public speaker yang baik, dimulai dari mengatasi kendala dalam diri sendiri, mengenal psikologi peserta sampai pada tahap bagaimana peserta dapat membuat dan mengoperasikan alat bantu dalam public speaking. Para pemberi materi menekankan agar peserta senantiasa belajar dan berlatih untuk menggali dan mengasah potensi yang sudah ada dalam diri masing-masing untuk dapat mengurangi kesalahan dalam berbicara.

Pendidikan dan latihan ditutup oleh Ihsan Lahasido, Kepala PPSDM Magelang yang sebelumnya memberikan ceramah umum tentang public speaking dan bagaimana pentingnya ilmu dan keterampilan dalam public speaking tersebut dalam kemajuan karir serta kehidupan bermasyarakat. Diakhir acara, dari BDK Makassar memberikan penghargaan kepada peserta terbaik serta cinderamata atas keberhasilan peserta yang melakukan pre-test dan post-test terbaik. Untuk peserta dengan pre-test terbaik diberikan kepada R.Danang Dwi Kurniawan yang berasal dari KPKNL Kendari dan untuk peserta post-test dengan nilai terbaik diberikan kepada Yulianti Naharuddin, pegawai pada Kanwil XV DJKN Makassar. (Yuli_Kanwil XV Makassar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini