Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Surakarta Lelang Barang Milik Daerah Pemerintah Kabupaten Wonogiri
N/a
Rabu, 13 Juni 2012 pukul 13:34:55   |   1817 kali

Wonogiri - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta untuk yang kedua kalinya dalam tahun 2012 kembali melelang aset/barang inventaris milik pemerintah daerah.  Setelah sebelumnya pada tanggal 8 Mei 2012 sukses melelang Barang Milik Daerah Pemerintah Kabupaten (BMD Pemkab) Sragen, kemarin pada hari Rabu tanggal  6 Juni 2012, KPKNL Surakarta kembali meraih kesuksesan yang sama dalam lelang penghapusan BMD Pemkab Wonogiri.

Pelaksanaan lelang yang bertempat di kantor Kepala Desa Wonokarto Wonogiri ini berlangsung sangat sederhana, aman, tertib, dan lancar. Namun dibalik kesederhanaan itu, tercipta penawaran lelang dengan persaingan harga yang sangat kompetitif. Dari seluruh barang yang dilelang, yaitu terdiri dari 6 paket besi tua (beberapa unit kendaraan roda dua dan roda empat), 29 unit kendaraan roda dua, dan 5 unit kendaraan roda empat, dengan nilai limit keseluruhan sebesar Rp66.345.000,00,  tercapai harga lelang dengan jumlah total Rp227.670.000,00 .Ini artinya tercipta kenaikan harga sebesar 343%.

Lelang yang berlangsung kurang lebih 2 jam dan diikuti oleh 211 orang ini dipimpin oleh  Pejabat Lelang Agus Dwi Martono dan dihadiri oleh jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Wonogiri. Dilihat dari banyaknya jumlah peserta lelang, cukup untuk menggambarkan bagaimana antusiasnya masyarakat Wonogiri dalam ikut berpartisipasi terhadap lelang tersebut. Dalam hal menawar harga lelang pun mereka tidak tanggung-tanggung. Sebagai contoh pada penawaran kendaraan roda empat merk Toyota Kijang KF 20 tahun 1985 nomor polisi 9596 LG, dari nilai limit Rp2.410.000,00, tercapai penawaran tertinggi oleh Tri Wahyudi sebesar Rp18.500.000,00, yang berarti terdapat kenaikan sangat signifikan yaitu 768%.

Keberhasilan lelang tersebut mendapatkan apresiasi yang tinggi dari para pejabat di lingkungan Pemkab Wonogiri. Ke depannya, masih banyak barang inventaris milik Pemkab Wonogiri, yang akan dihapuskan, yang saat ini masih dalam proses pendataan dan penelitian, kata Teguh, Ketua Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Wonogiri. Menanggapi hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala KPKNL Surakarta Wahyu Setiadi menyatakan bahwa KPKNL Surakarta selalu siap menerima permohonan lelang dan akan ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Karena kepuasan stakeholder, dalam hal ini pemohon lelang, adalah salah satu yang wajib diutamakan dalam hal pelayanan lelang. (Tutut Wulandari - KPKNL Surakarta)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini