Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Lelang e-mail Perdana, Fantastis!
N/a
Rabu, 12 November 2014 pukul 15:14:55   |   1342 kali

Bontang – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bontang mengoptimalkan penerimaan lelang dengan melaksanakan lelang e-mail. Tujuan pelaksanaan lelang e-mail ini adalah menjamin proses pelaksanaan lelang dari registrasi lelang sampai dengan pengembalian jaminan lelang dapat berlangsung dengan tertib, aman, transparan dan akuntabel. Diharapkan hasil lelang yang didapat pun dapat optimal.

Pelaksanaan lelang e-mail perdana di Kalimantan Timur itu pada Rabu 5 November 2014, bertempat di Gedung Putih PT. Badak Ngl. Co. Pelaksanaan lelang e-mail yang diajukan oleh Direktorat Kekayaan Negara Dipisahkan (KND) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara selaku pemohon dibagi menjadi empat lot. Adapun empat lot objek yang dilelang terdiri dari : Lot 1 merupakan satu paket kendaraan roda empat yang terdiri dari delapan unit truck, tiga unit bus dan tiga unit toyota kijang; Lot 2 merupakan  satu paket peralatan dan Mesin (PC, monitor, fax, dan lain-lain); Lot 3 merupakan satu unit tugboat merk Yokohama; Lot 4  merupakan satu paket yang terdiri dari 36 (tiga puluh enam) alat berat berbagai merk.

Penawaran melalui e-mail ditutup pada pukul 09.00 WIB dan hasil penawaran dibuka pada pukul 10.00 WIB oleh Pejabat Lelang Sudaryanto. Pembukaan hasil penawaran disaksikan oleh Asep Wawan Kurniawan selaku penjual dan Ruli Widiasakti perwakilan dari PT. Badak NGL. Co. Bontang. Direktorat Lelang DJKN melalui perwakilannya Luhur Nugroho Joko Hartanto memberikan asistansi pada pelaksanaan e-mail perdana ini. Lelang e-mail ini dihadiri juga oleh beberapa orang perwakilan Bank Mandiri yang dipimpin oleh Randy Kurniawan.

Hasil  pelaksanaan lelang e-mail  sebagai berikut: Lot 1 dengan harga limit sebesar Rp46.934.843,00, dengan 20 peserta yang mengajukan penawaran dimenangkan oleh penawar tertinggi dengan penawaran yang mencapai 400% dari harga limit; Lot 2 harga limit sebesar Rp28.640.945,00 dengan 25 peserta yang mengajukan penawaran dimenangkan oleh penawar tertinggi dengan penawaran yang mencapai 1.995%  dari harga limit; Lot   3 dengan  harga limit Rp1.500.000.000,00 tidak ada yang mengajukan penawaran serta Lot 4 harga limit sebesar Rp573.450.150,00 dikikuti 15 peserta yang mengajukan penawaran dimenangkan oleh penawar tertinggi dengan penawaran yang mencapai 305% dari harga limit. Ketiganya mengalami kenaikan harga lelang lebih dari 300% dari harga limit. Bahkan untuk Lot 2, kenaikan harganya sangat fantastis, 1.995%.

Antusiasme diperlihatkan oleh hadirin yang menyaksikan jalannya lelang e-mail. Hadirin bertepuk tangan dan berteriak riuh, tidak menyangka hasil lelang yang fantastis. “Luar biasa hasil lelang e-mail perdana ini. Pemasukan ke kas negara dari lelang menjadi sangat optimal.” demikian disampaikan oleh Luhur salah satu perwakilan dari Direktorat Lelang.

“Ternyata lelang e-mail ini mudah. Hemat waktu, lebih tertib, lebih aman dan hasilnya pun optimal,” ungkap Ruli Widiasakti.

“Lebih dari 300% naiknya, di luar perkiraan. Ke depannya semoga lelang e-mail ini bisa kita gunakan lagi,” harap Sudaryanto.

Pelaksanaan lelang e-mail KPKNL Bontang berlangsung lancar dan sukses. Selesai lelang langsung dilakukan proses pengembalian uang jaminan lelang. Proses pengembalian berlangsung lancar dan tidak menemui kendala yang berarti. Apresiasi KPKNL Bontang pun diberikan kepada tim supporting Bank Mandiri Cabang Bontang yang selalu siap sedia membantu saat pengembalian uang jaminan lelang. (Tim KPKNL Bontang)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini