Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Berita DJKN

Tranformasi value statement dan core value : Peningkatan sustainable competitive advantages SDM di KPKNL Serang

Kamis, 28 Februari 2013 pukul 14:28:34   |   479 kali

“Seorang Leader harus memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan membentuk budaya yang baik (transformasi) dan menjadi contoh yang baik pula untuk diikuti yang berimplikasi pada goal achievement”

Serang – Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) KPKNL Serang, secara rutin mengadakan morning call  setiap hari Senin. Dengan adanya morning call diharapkan pegawai dapat mentransformasikan Value Statement Kementerian Keuangan yaitu Integritas, Profesional, Sinergi, Pelayanan dan Kesempurnaan dalam pekerjaan sehari-hari.

Agar statement of value DJKN dapat diterapkan dan diingat maka buku saku Nilai-Nilai Kementerian Keuangan harus selalu dibawa di saku pegawai.  Di sela-sela komentarnya Kurniawan Nizar berjanji akan mengayomi, meningkatkan kesejahteraan serta mempromosikan pegawai yang telah bekerja keras dan menjadi contoh teladan. Bukan tidak mungkin kebijakan lebih kearah punishment terhadap pegawai yang tidak menerapkan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan dan yang tidak disiplin. Bukan hanya di kantor saja yang diperhatikan tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

 
Teknik penerapan sosialisasi statement of value berbeda antara pegawai lama dan baru. Untuk pegawai lama memang agak susah karena ada resistensi sehingga harus menggunakan teknik persuasif (sisi psikologi) yang lebih intensif mengingat mereka telah terdoktrin dengan nilai-nilai yang lama. Sedangkan terhadap pegawai baru dengan teknik mengoptimalkan pelatihan dan mengikutsertakannya dalam diklat. Dan teknik ini menurut pegawai lebih berhasil karena bersifat persuasif dan menyentuh sisi psikologi.

   

Disamping itu, pandangan terhadap sesama pegawai harus diubah melalui mentoring. Menurut Kurniawan Nizar asumsi dasar dibenak seseorang yang membentuk image orang lain negatif harus segera diubah dan dihilangkan apalagi terhadap pimpinan kita.

Sekali lagi Ia mengingatkan bahwa kita harus bisa menjadi pribadi yang saling memberikan dukungan dan membuat ketenangan suasana dalam bekerja di kantor. Kalau asumsi ini terus berjalan akan menjadikannya budaya yang baik. Setiap pegawai sebaiknya berasumsi bahwa setiap pegawai KPKNL Serang adalah excellent competent artinya tiap pegawai memiliki kompetensi excellent service. Hanya perlu sentuhan yang lembut maka semua fungsi berjalan.

Saya percayakan dan delegasikan pekerjaan supaya mereka bisa mandiri dan bertanggung jawab atas keputusan yang mereka ambil tetapi tetap saya backup apabila ada permasalahan. Dengan morning call semua keluhan permasalahan dan harapan pegawai dapat saya tampung dan kita buat solusi terbaik.

Menurut Kepala Kantor Serang ini, tidak cukup hanya value statement Kementerian Keuangan karena value statement hanya mengarahkan pribadi kepada prilaku yang diinginkan. Harus ditambah dengan core value. Core value DJKN yaitu strategic focus organization yaitu strategi DJKN fokus kepada pelanggan utama. Namun, di DJKN memiliki banyak pelanggan sehingga menimbulkan kebingungan dan inefesiensi dalam alokasi sumber daya sehingga pekerjaan kita tidak bisa optimal. Oleh sebab itu diperlukan strategi baru. Strategi tersebut adalah mengatasi inefesiensi alokasi sumber daya dengan mem-BKO-kan pegawai dari seksi lain ke seksi yang mempunyai bidang pekerjaan cukup tinggi pada saat tertentu dan TOT supaya ada knowledge transfer dan pengembangan best pratices serta kaderisasi.

Akhir kata bagaikan tendangan pemain sepak bola, strategi dan informasi operan bola yang pas akan mencetak gol-gol cantik dan kemenangan sedangkan kekalahan pemain bola menjadikannya peluang dan tantangan ke depan untuk merumuskan strategi baru agar berhasil membangun keunggulan daya saing yang berkesinambungan. (Antonius Suhenri dan Ariyanto-KPKNL Serang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |